Marketplace Sewa-menyewa Diluncurkan, Terinspirasi Airbnb

Marketplace Cumi.id.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari

VIVA – Aktor Christian Sugiono bersama tiga temannya, Pandu Arief Wirawan Pandu, Yazid Faizin Yazid, dan Fariz Tadjoedin meluncurkan platform sewa menyewa barang bernama Cumi.id atau Cuma Minjem.

Startup Lokal Ini Ingin Menyuburkan Benih Revolusi

Platform ini dibuat karena adanya perubahan kebiasaan atau behavior masyarakat untuk memiliki barang. Menurut Tian, sapaan akrabnya, untuk membangun Cumi.id membutuhkan waktu hingga 1,5 tahun.

Hal ini dikarenakan kesibukan masing-masing para pendirinya serta keinginan kuat untuk membuat platform yang baik. Ia juga menyatakan bahwa platform yang didirikannya sangat berbeda dengan e-commerce yang telah ada sebelumnya.

Otorita IKN Dukung Pengembangan Ekosistem Startup di IKN

"Cycle-nya beda enggak kayak bikin e-commerce. Kalau e-commece, kan, orang abis beli barang terus dikirim barangnya, selesai. Kalau kami enggak. Kami masih ada barangnya karena disewa terus nanti dikembaliin lagi," ujarnya di Jakarta, Senin, 14 Mei 2018.

2024 jadi Tahun Krusial bagi Industri Kripto Indonesia

Ia menuturkan Cumi.id merupakan sebuah platform, sehingga perannya hanya sebagai penghubung antara penyewa dan vendor yang menyewakan barang, bukan seperti penyewa lain yang memiliki situs dan juga barang yang disewakan.

Inspirasi membuat platform ini datang dari platform menyewa tempat menginap Airbnb dan juga perubahan orang untuk memiliki barang. Menurutnya, saat ini banyak orang menyewa barang tanpa harus membeli.

“Sewa-menyewa itu belum ada platformnya. Misalnya, ibu-ibu yang punya anak umur 3 tahun misalnya. Terkadang mau beli mainan perosotan, kan, harganya mahal. Terus dipakai cuma 3-4 bulan. Kan, sayang,” ungkapnya.

Cumi.id terdiri atas 12 kategori seperti peralatan bayi, fesyen, dan juga penyewaan alat fotografi. Saat ini masih dalam wilayah Jabodetabek yang akan beralih ke Bali dalam waktu dekat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya