Fintech Ini Bisa Suspend Akun Pengguna dan Dimasukkan ke Daftar Hitam

Ilustrasi fintech.
Sumber :
  • Fintech News Switzerland/Pixabay

VIVA – Layanan Fintech memiliki dua tantang utama yang harus dihadapi saat ini. Pertama, merancang layanan untuk bisa memproses ratusan Gigabytes data mentah.

Pemerintah Kantongi Rp 22,179 Triliun dari Pajak Digital

CEO dan Co-Founder FinAccell, Akshay Garg mengatakan, data mentah yang tidak terstruktur ini harus diproses secara real-time.

Hal itu dilakukan agar menghasilkan skor kredit yang berkualitas tinggi. Kedua, mengaktifkan mesin untuk menangani ratusan ribu permintaan transaksi per hari.

Detik-detik Roket Space One Meledak di Udara Setelah 5 Detik Diluncurkan

Menurut Akshay transaksi itu harus bisa direspon dalam kurun waktu 50 milidetik. Teknologi dalam Fintech menjadi tak terpisahkan.

Kredivo sendiri menggunakan layanan Cloud yang berasal dari Amazon Web Service atau AWS. Ini dilakukan agar layanan perusahaan bisa berjalan lancar.

Telkomsel Berburu Startup

"Hasilnya dengan menggunakan layanan AWS, kami telah mencapai pertumbuhan CAGR hingga 30 persen transaksi per bulan dan 35 persen CAGR aplikasi per bulan," ujar Akhsay, dalam wawancara, Rabu, 5 September 2018.

Dalam AWS, Kredivo menggunakan produk Amazon Redshift, Amazon Elastic MapReduce (EMR) dan AWS Elastic Load Balancing.

Eksplorasi AWS, Kredivo menggunakan AWS free-tier. Lalu diganti dengan program startup untuk skalabilitas, performa tinggi, fleksibilitas, efektvitas biaya, serta implementasi aman dan andal.

Akhsay menuturkan bahwa dengan penggunaan AWS, perusahaannya mampu membuat pengguna dari generasi milenial bisa merasakan pengalaman kelas dunia dalam aplikasi yang dimilikinya.

"Kami menggunakan AWS Lambda dan Kinesis untuk memproses data streaming real-time, yang disimpan dalam S3 dan RDS untuk persetujuan pendaftaran konsumen, termasuk pemrosesan transaksi, pembersihan dan pengumpulan data," ungkapnya.

Kredivo, menurut Akshay, menggunakan teknologi enkripsi 256-bit SSL dan juga User Access Rights sebagai keamanan data. Karena memiliki penilaian terhadap aplikasi, perilaku dan colletion scoring, perusahaan ini bisa melakukan pemblokiran transaksi mencurigakan.

Selain itu bisa juga menangguhkan sementara atau suspend akun pengguna dan juga membuat dafar hitam. Dengan penilaian itu, Kredivo juga memiliki kemampuan untuk mengevaluasi para penggunanya juga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya