Jutaan Pengguna Facebook Minggat

Kantor baru Facebook di Menlo Park
Sumber :
  • REUTERS/ Robert Galbraith

VIVAnews - Di bawah bayang-bayang jejaring sosial online berbasis foto Instagram, dan aplikasi mobile Path, Facebook dilaporkan kehilangan jutaan pengguna di beberapa pasar terbesarnya.

The Guardian melansir, 30 April 2013, sebuah data penelitian independen memaparkan bahwa ekspansi Facebook di Amerika Serikat, Inggris Raya, dan negara-negara besar lain di Eropa, telah mencapai puncaknya.

Menurut data lembaga analisis Socialbakers, Facebook telah kehilangan empat persen penggunanya di AS pada bulan lalu, atau sekitar enam juta pengunjung. Sementara di Inggris Raya, pengunjung Facebook merosot 4,5 persen, atau 1,4 juta pengguna.

Secara menyeluruh, melihat catatan enam bulan terakhir. Facebook kehilangan hampir sembilan juta pengunjung per bulan di AS, dan dua juta pengunjung per bulan di Inggris Raya.

Socialbakers juga memaparkan, situasi serupa terjadi di Kanada, Prancis, Spanyol, Jerman, dan Jepang. Benarkah ini tanda-tanda awal kehancuran Facebook?

Pengguna Facebook dilaporkan telah berpaling ke beberapa layanan jejaring sosial baru. Layanan berbagi foto Instagram dilaporkan telah meraih 30 juta pengguna baru dalam waktu 1,5 tahun, sebelum akhirnya diakuisisi Facebook. Dan, Path dijejali satu juta pengunjung per minggu. Sekarang, aplikasi mobile ini telah meraih sembilan juta pengguna di dunia.

Kendati Facebook tetap tumbuh di pasar Amerika Selatan dan India, sejumlah lembaga riset melaporkan jumlah penggunanya turun di beberapa negara maju. Algoritma yang dikembangkan oleh para analis di Jeffries Bank memproyeksi, jumlah pengguna Facebook akan terus turun dari puncaknya mulai triwulan pertama tahun ini.

Facebook Home

Tren pengguna yang beralih secara masif dari layar desktop ke layar ponsel atau tablet menjadi salah satu alasan terbesar mengapa Facebook kehilangan pengguna. Dan, jejaring sosial terbesar dunia itu sudah mewaspadai itu, dan meluncurkan .

Sayang, aplikasi yang digadang-gadang akan menyelamatkan muka Facebook, malah . Diketahui, 52 persen pengunduh Facebook Home untuk ponsel Android tega memberikan rating bintang 1 (*) di Google Play Store.

Optimistis

Meski begitu, jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg ini tetap optimistis dapat meraih pendapatan US$1,44 miliar (setara Rp14 triliun) hingga Maret 2013, meningkat dari US$1,06 (setara Rp10,3 triliun) pada Maret 2012.

Menanggapi situasi yang sulit, Facebook tetap akan fokus pada ekspansi di ranah perangkat bergerak dan merancang aplikasi baru untuk smartphone, juga mendongkrak pendapatan iklan. (umi)

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045
Aplikasi Supernata

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

Kehadiran aplikasi sangat membantu para pemilik ponsel, untuk melakukan berbagai hal tanpa harus mengeluarkan upaya yang banyak. Termasuk, merancang isi rumah sesuai deng

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024