Apple: Samsung Pembohong dan Menyesatkan

Ilustrasi 'perang' Samsung vs Apple
Sumber :
  • freakgeeks.com
VIVAnews - Perang argumen memanas antara Apple melawan Samsung, terkait tuduhan pelanggaran paten oleh Samsung.
Kalahkan 11 Negara, Siswa Indonesia Sabet Emas Kompetisi Matematika Internasional di Australia

Melansir Cnet, Jumat 4 April 2014, produsen iPhone itu menyerang balik argumen awal Samsung, melalui pengacaranya yang mengatakan Apple tidak menggunakan 5 paten yang dipermasalahkan.

Cari Titik Lemah Demokrasi RI, Cak Imin Masih Ingin Hak Angket Digulirkan
Apple berpendapat Samsung telah melontarkan pernyataan palsu dan merugikan Apple. 

Yakin Sudah Dipikirkan Prabowo, PAN Tak Khawatir jika Ada Partai Lain Gabung Koalisi
"Sepanjang pembukaan pernyataan, pengacara Samsung secara berulang membuat pernyataan yang menyesatkan, bohong dan tak relevan," kata pengacara Apple dalam tahapan sidang pengadilan. 

Pada kesempatan itu, pemilik iOS meminta kesempatan kepada hakim untuk menunjukkan paten tersebut. Apple ingin pengadilan agar cermat mengkaji pernyataan menyesatkan Samsung.

Kepada hakim, Apple juga meminta segera mengeluarkan perintah guna menghentikan kerugian dan tuduhan atas pernyataan menyesatkan Samsung. 

Sebagaimana diketahui, pada pernyataan awal di persidangan, 'raja' perangkat Android itu menilai Apple terlalu berlebihan dan bahkan tidak menggunakan paten yang dipermasalahkan. 

"Apple ingin Anda meyakini klaim tuntutan US$2 miliar mereka, meskipun klaim itu tak cukup bernilai dari apa yang digunakan Apple," ujar John Quinn, pengacara Samsung. 

Quinn menambahkan tuduhan Apple itu hanyalah akal-akalan Apple karena mereka dinilai terlanjur kalah bersaing. 

Dalam tanggapannya, Samsung menilai Apple salah mengartikan klaim argumen menyesatkan yang disampaikan perusahaan Korea Selatan tersebut.

Sidang antara Apple dan Samsung dimulai awa pekan ini. Ada 7 paten yang dipermasalahkan. Apple mengaku Samsung melanggar 5 patennya, sementara Samsung juga menggugat Apple yang dianggap melanggar 2 paten Samsung. 

Apple menuduh Samsung melanggar paten AS yaitu  5.946.647 (paten quick links); 6.847.959 (paten universal search); 7.761.414 (paten sinkronisasi background); 8.046.721 (paten slide to unlock) ; dan 8.074.172 (paten koreksi kata otomatis). 

Sedangkan tuduhan Samsung atas pelanggaran paten AS oleh Apple yaitu 6.226.449 (paten kamera dan fungsionalisasi pengorganisasian folder) dan 5.579.239 (paten fungsionalisasi transmisi video).

Menurut Apple, perangkat Samsung yang melanggar patennya yaitu Samsung Admire, Galaxy Nexus, Galaxy NOte, Galaxy Note 2, Galaxy S II, Galaxy S II Epic 4G Touch, Galaxy SII Skyrocket, Galaxy S3, Galaxy Tab 2 10.1 dan Samsung Stratosphere. 

Untuk perangkat Apple yang dinilai Samsung melanggar paten yakni  iPhone 4, iPhone 4S, iPhone 5, iPad 2, iPad 3, iPad 4, iPad Mini, iPod Touch (generasi kelima) dan iPod Touch (generasi keempat).

Proses sidang dijadwalkan selesai pada 29 atau 30 April mendatang. Selama masa sidang, pengadilan disebutkan bersidang tiga hari setiap pekan, yakni Senin, Selasa dan Jumat.  (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya