6 Bulan, Toko Mobil Online Habiskan Investasi Rp18 Miliar

Ilustrasi bisnis online atau belanja online
Sumber :
  • iStock

VIVAnews - Situs jual beli mobil, Mobil123.com membuat terobosan baru dalam sistem penjualannya. Sistem ini digadang akan membuat penjualan mobil lebih cepat dan mudah dilakukan oleh para pengunjung.

Sistem ini diberi nama Si Jari atau Sistem Manajemen Respons dan Iklan. Si Jari diklaim sebagai sistem pertama di pasar otomotif Indonesia, yang membantu para dealer serta penjual mobil memasangkan iklan. Selain itu, penjual bisa mengelola dan memonitor kinerja iklan dengan lebih cepat, mudah dan praktis.

"Kami harap sistem ini bisa membantu penjual mobil di situs kami karena implementasi sistem ini merupakan hasil penelitian pasar, berpadu dengan riset teknologi dan marketing selama 6 bulan. Investasi yang kami keluarkan cukup besar, Rp18 miliar," ujar Damon Rielly, CEO iCar Asia yang membawahi portal otomotif tersebut, dalam keterangannya, Rabu 3 Desember 2014.

Menurut Damon, dari hasil penelitian internal yang mereka lakukan, 9 dari 10 orang Indonesia melakukan pembelian mobil dengan mencari informasi secara online. Sementara itu, para penjual mobil membutuhkan sistem yang mudah.

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya

Tidak hanya kemudahan memasang iklan, tapi juga mempelajari bagaimana melakukan penjualan melalui internet dan mengukur secara real time, sekaligus mengawasi dan mengelola iklan tersebut.

Yang menarik dari sistem ini, kata Damon, adalah kemampuan untuk mengumpulkan deskripsi unik dan informasi penting tanpa pengguna harus melakukan pengetikan. Sistem ini akan melakukannya secara otomatis.

Selain itu, ada program tracking respond yang dapat memberikan informasi secara detail, baik info calon pembeli maupun penjual. Bahkan, data calon pembeli bisa didapatkan dari pihak Mobil123.com untuk pencarian mobil dengan model yang lebih spesifik.

Damon mengklaim, mereka telah melakukan uji coba keandalan sistem ini dengan melibatkan 1.500 penjual mobil. Ribuan penjual mobil itu melakukan uji kecepatan sistem melawan berbagai media iklan online lainnya.

"Rasio kemenangannya 99 persen dari total 1.500 tantangan dengan mengandalkan kecepatan pemasangan iklan. Kami yakin ini merupakan pertama kalinya di industri," kata Damon. (art)

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif

Polda Metro Jaya menegaskan bakal memberikan pengamanan pada seluruh gereja yang ada di wilayah Jadetabek saat Tri Hari Suci Paskah yang dimulai hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024