Mudah Berhaji dengan Aplikasi Haji Pintar 2017

Tampilan Aplikasi Haji Pintar 2017
Sumber :
  • Kementerian Agama

VIVA.co.id – Demi memudahkan jemaah calon haji untuk melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji di Tanah Suci, Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama kembali merilis Aplikasi Haji Pintar. Tapi kali ini, aplikasi yang dikeluarkan adalah versi yang terbaru.

77 Jemaah Haji Indonesia Masih di Arab Saudi Jalani Perawatan di Rumah Sakit

Direktur Layanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis mengatakan, aplikasi ini sudah memasuki generasi ketiga. Pada generasi ini, sudah dilakukan peningkatan dengan menambahkan beberapa fitur baru.
 
"Seperti Alquran, jadwal shalat, informasi ziarah baik di Mekah dan Madinah, nilai tukar rupiah yang selalu update setiap harinya, dan itinerary (rencana perjalanan ibadah haji),” ujarnya di Jakarta, Jumat, 21 Juli 2017.

Ditegaskan Ilham Lubis, aplikasi ini sudah bisa diunduh di google play store. Dia berharap, pengembangan aplikasi ini menjadi bagian upaya Ditjen PHU dalam meningkatkan pelayanan kepada jemaah haji.

Kuota Jemaah Haji 2024 Diumumkan Sebanyak 221 Ribu, DPR RI Segera Bahas Perbaikan Penyelenggaraan

Pengembangan aplikasi berbasis smartphone atau ponsel pintar ini diharapkan dapat memudahkan jemaah dalam mendapatkan informasi seputar ibadah haji.

Selain panduan dan informasi pelaksanaan ibadah haji, Aplikasi Haji Pintar ini juga memuat beberapa informasi penting.  

1 Jemaah Haji asal Palembang Hilang, Menteri Yaqut: Kami Terus Cari

Seperti cek informasi tahun keberangkatan jemaah haji, lokasi pemondokan di Mekah dan Madinah, informasi konsumsi, informasi cuaca, informasi rute bus shalawat dan informasi kesehatan.

Aplikasi yang pertama kali dirilis pada tahun 2015 ini juga memuat informasi tentang jadwal keberangkatan kloter, doa-doa, serta informasi layanan pengaduan dan whatsapp.

Sri Ilham menambahkan bahwa aplikasi ini masih terus akan dilakukan pengembangan. Sampai saat ini, beberapa data juga masih dalam proses update, antara lain terkait data perumahan, transportasi, katering dan jadwal penerbangan.

"Semoga dalam waktu dekat semuanya sudah fix. Bagi jemaah haji yang ingin mendapatkan aplikasi ini, langsung saja mengunduh di google play store dengan kata kunci Haji Pintar 2017," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya