Tak Hanya Modal Kuat, SDM Startup Harus Berdaya Saing

Ilustrasi Startup.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Mengembangkan calon wirausahawan muda di industri digital (technopreneurs) tidak hanya membutuhkan dukungan finansial kuat, namun juga pelatihan dan peningkatan kemampuan sumber daya manusia.

Perjalanan 17 Startup Lokal Belum Berakhir

Keduanya berperan strategis bagi keberhasilan calon technopreneurs muda di Indonesia. Menurut Founder Binar Academy, Alamanda Shantika Santoso, yang terjadi saat ini adalah banyak technopreneurs memiliki ide namun hanya untuk membuat aplikasi.

Ia mengatakan, seharusnya ketika memiliki ide untuk membuat aplikasi maka harus diikuti pula pembentukan tim yang kuat, seperti tim digital marketing dan IT.

Biang Kerok PHK Massal Startup di Indonesia

“Pengetahuan (knowledge) untuk mengeksekusi ide offline menjadi online lah yang saat ini dibutuhkan para perusahaan rintisan (startup). Ini kendala yang masih kerap ditemui pelaku startup di Indonesia. Kita harus membangun tim yang kuat serta membentuk pola pikir dan mental ke arah ini pun sangat penting,” kata dia, dalam keterangannya, Senin, 31 Juli 2017.

Mantan petinggi Gojek ini memprediksi potensi pertumbuhan industri digital dan startup di Indonesia masih sangat besar. Besarnya potensi industri digital dan startup inilah yang harus ditangkap oleh calon technopreneurs Indonesia.

4 Startup Lokal Unjuk Gigi di Depan 17 'Venture Capital'

Saat ini banyak investor mancanegara yang sudah mulai melirik potensi industri digital dan startup dengan cara membiayai melalui venture capital. Namun, potensi yang besar tersebut tak akan berdampak apa pun jika SDM technopreneurs Indonesia tak siap.

“Saya ingin agar startup dan technopreneurs muda Indonesia tidak salah jalan. Jika tak ada SDM yang bagus, maka jangan harap startup akan dilirik investor,” ujarnya, menegaskan. (ase)

Startup.

Mencari Jodoh Startup Lewat 'Kencan Kilat'

Konsep 'speed-dating LinkUp' memang dirancang agar para pelaku startup yang terpilih dapat memaparkan gagasan, menunjukkan keunggulan produk, membangun koneksi dan relasi

img_title
VIVA.co.id
4 Juli 2023