Gmail Hadirkan Nudge, Fitur Pengingat untuk Membalas E-mail

Gmail.
Sumber :
  • gmail blog

VIVA – Layanan Gmail yang berada di bawah naungan Google kembali harus mengalami perubahan. Setelah user interface yang mendesain ulang tampilan, dan smart compose yang memudahkan pengguna untuk tidak mengetik seluruh e-mail secara manual, kini Google menghadirkan pengingat bagi pengguna yang lupa membalas e-mail.

Google to Start Deleting Inactive Gmail Accounts from This Week

Layanan yang diberi nama Nudge atau menyolek ini akan mengingatkan pengguna untuk membalas e-mail yang belum terbalas setelah diterima dari beberapa hari yang lalu.

Tidak hanya sebagai pengingat saja, Nudge juga berfungsi untuk mengingatkan pengguna yang e-mailnya belum mendapat respons dalam waktu lama.

Gmail Akan Lenyap Selamanya

Dikutip situs CNet, Kamis, 17 Mei 2018, fitur ini didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Nantinya, fitur ini akan membedakan yang mana email penting dan mana email yang tidak penting, sehingga diharapkan tidak ada pengguna yang merasa terganggu.

"Ketika inbox (kotak masuk) Anda dipenuhi oleh pesan, beberapa yang penting pasti akan lolos. Untungnya, fitur baru dari Gmail ini akan dapat membantu anda. Fitur ini akan "menyolek" pengguna yang belum membalas e-mail, serta mengingatkan pengguna terhadap pengiriman e-mail yang belum merespons," tulis Google di laman blognya.

Google Akan Hapus Gmail yang Tidak Aktif, Catat Tanggalnya

Ke depan, fitur ini akan menampilkan pesan notifikasi warna oranye di samping tulisan subjek e-mail.

Contohnya akan berbunyi, "Diterima 3 hari yang lalu. Balas sekarang!" Namun, jika pengguna tetap tidak menyukai fitur Nudge, tetap bisa menonaktifkan melalui menu Setting.

Ilustrasi Google dan YouTube.

Gmail Mengucapkan Selamat Tinggal

Google mengucapkan selamat tinggal. Salam perpisahan ini ditujukan bagi jutaan pengguna yang sudah tidak aktif lagi menggunakan layanan Google Mail atau Gmail dua tahun.

img_title
VIVA.co.id
1 Desember 2023