Toko Tanpa Kasir, Gabungkan AI, IoT dan Facial Recognition

Toko baju
Sumber :
  • Pertokoan

VIVA – Banyak orang yang memprediksi jika tenaga kerja manusia akan tergantikan oleh robot atau artificial intelligent (AI). Sepertinya prediksi itu akan terwujud dalam waktu dekat karena produsen teknologi NEC telah memperkenalkan konsep toko baru.

Rekomendasi Sandal Stylish dan Nyaman untuk Hari Raya Lebaran

NEC menyebutnya sebagai smart retail store, sebuah toko yang digadang tak memerlukan petugas manusia untuk menjalankan operasional sehari-hari. Hanya dengan artificial intelligent yang digabung dengan teknologi internet of things dan biometrik atau facial recognition, maka toko tersebut bisa memberikan kemudahan dalam berbelanja setiap harinya. 

Konsep ‘unmanned store’, yakni toko tanpa petugas kasir, memungkinkan para pelaku bisnis dapat menjalankan bisnisnya secara lebih efisien dan akurat, memiliki SDM berkualitas, serta berfokus pada customer service. 

SBY Minta Prabowo Perbaki Sistem Pemilu: Politik Uang Makin Menjadi, Lampaui Batas Kewajaran!

“Selain itu, pelanggan dapat merasakan manfaat seperti kemudahan saat berbelanja, pengalaman yang lebih mudah dan personal dalam memilih kebutuhan, serta menghemat waktu para pelanggan selama bekerja,” ujar Takahiro Yamada, Business Development Executive NEC Corporation, dalam keterangannya, Kamis, 31 Oktober 2019.

Yamada berpendapat jika Melihat perkembangan yang terjadi di ASEAN, terutama Indonesia, sistem yang ditawarkan sangat cocok dengan pola hidup masyarakat urban yang serba cepat. 

Jokowi Lihat Langsung Panen Raya di Sigi: Bagus Hasilnya Capai 6 Ton per Hektare

“Kami menawarkan solusi efisiensi waktu dengan penggunaan face recognition untuk masuk dan melakukan pembayaran dalam toko,” katanya.

Cara kerjanya, pelanggan yang telah mengunduh aplikasi di smartphone mereka, dapat langsung memasuki toko dengan sistem teknologi face recognition. Di dalam toko, pelanggan dapat memindai sendiri barang yang akan dibeli dan langsung melakukan pembayaran dengan saldo yang tersedia dalam aplikasi, sehingga tidak perlu mengantri di kasir.

Nantinya, pengusaha waralaba atau pemilik toko bisa mengandalkan solusi dan teknologi Smart Retail Store untuk mempermudah monitoring ketersediaan barang dagang di seluruh rak toko. Ada juga alat Shelf Monitoring yang dapat mengirimkan pesan atau notifikasi kepada back office jika terdapat barang yang hampir habis agar segera diisi ulang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya