Usir Pendemo, Polisi India Gunakan Pesawat Robot

Drone.
Sumber :
  • REUTERS/Charles Platiau
VIVA.co.id
Drone Amfibi Penjaga Wilayah RI Kantongi Sertifikat Militer
- Kepolisian India mengklaim sukses melakukan uji coba pertamanya dalam mengusir pendemo dengan pesawat robot (drone). Mereka mengaku telah menemukan senjata baru untuk mengendalikan demonstrasi anarkis di jalan.

Terungkap, Misi Lanjutan Inisiator Pesawat Tenaga Surya

Dikatakan pimpinan polisi Lucknow, India, pesawat tanpa awak itu akan terbang di atas pendemo dan menyebarkan merica. Ini hanya akan digunakannya untuk aksi demo yang tidak terkendali dan berpotensi huru hara.
Cracuns, Drone yang Bisa Menyelam


"Kami telah melakukan uji coba dengan sukses. Ada lima pesawat tanpa awak bersenjata merica yang kami uji. Hasilnya luar biasa. Kami berhasil me-
manage
cara kerja dan penggunaannya, agar menyasar target yang sesuai, meski kondisi angin dan wilayah tak mendukung," ujar Kepala Kepolisian Lucknow, Yashasvi Yadav, seperti dikutip dari
Telegraph
, Kamis 9 April 2015.


Menurut Yadav, merica bukanlah senjata yang mematikan, namun dianggap cukup efektif untuk mengendalikan massa. Mereka mengklaim, dengan drone, bisa menyemprotkan merica itu dari ketinggian yang berbeda dan mendapatkan hasil maksimum.


Kepolisian kota India, mengaku telah menghabiskan US$7.000 untuk membeli satu buah pesawat robot itu. Kini, mereka memiliki lima unit drone.


Kumpulan pesawat mini tanpa awak itu dilengkapi dengan kamera resolusi tinggi. Tiap unitnya bisa terbang dengan membawa hampir dua kilogram merica dengan jarak terbang 0,6 mil dari operator yang menjalankan.


Sebelumnya, kepolisian Lucknow menggunakan drone untuk kepentingan pertahanan udara, khususnya saat festival keagamaan di kota tersebut. Lucknow memiliki populasi dua miliar jiwa, termasuk satu di antara delapan kota padat penduduk.


India, saat ini memiliki jumah 1,2 miliar penduduk. Demonstrasi kerap terjadi tiap hari. Meski demonstrasi kebanyakan berlangsung damai, namun kadang bisa berubah anarkis dan tidak terkendali. (asp)

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya