Google Rayakan Ultah Jam Astronomi Tertua di Dunia

Google Doodle jam Astronomi
Sumber :
  • Tangkapan layar Google Doodle

VIVA.co.id - Tepat pada hari ini, Jumat, 9 Oktober 2015, jam di Praha, Republik Ceko memasuki usianya yang ke-605. Sebagai perusahaan teknologi, turut gembira dengan ulang tahun jam astronomi tersebut dengan menampilkan Doddle bertema jam tersebut.

Lambang Google yang biasa menghiasi halaman utama pencarian, kini berubah dengan ikon unik berbentuk jam astronomi tersebut. Jam yang pertama kali dipasang pada 1410 itu menjadi sajian utama bagi netizen.

Jam astronomi yang berdiri tegak di tengah kota Praha, Republik Ceko ini, bukan sembarang jam biasa. Sebab, jam yang biasa disebut Orloj itu menjadi jam astronomi tertua di dunia yang masih hidup sampai saat ini.

Dijelaskan, Orloj merupakan sebuah jam mekanik kuno yang bisa dimanfaatkan sebagai penunjuk pergerakan benda-benda langit. Mahakarya jam ini berhasil diukir oleh dua orang, Mikulas dan Jan Sindel, seorang profesor matematika dan astronomi dari Universitas Charles.

Keunikan dan kemegahan jam astronomi itu sering mengundang decak kagum para wisatawan lokal maupun mancanegara. Pedagang di sekitarnya pun memanfaatkan dengan menjual replika jam Orloj sebagai oleh-oleh.

Disebutkan juga, jam astronomi yang tertempel di Balai Kota Praha itu jadi saksi bisu zaman pencerahan dan bangkitnya ilmu pengetahuan yang menyebar di seluruh Eropa.

Brutal, Manajer Google Diperkosa Lalu Dibunuh
Peta Palestina dihilangkan di Google Maps.

Kata Google Soal Hapus Palestina dari Maps

Google tak pernah menuliskan Palestina di Maps.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016