Ini Lima Destinasi Mudik Terpopuler Menurut Traveloka

Kendaraan melintas di dekat Tugu Yogyakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Noveradika

VIVA.co.id – Traveloka, perusahaan teknologi penyedia layanan booking online hotel dan tiket pesawat, merilis infografis mudik Lebaran 2016 tentang fenomena mudik tahun ini.

Trik Jitu Dapatkan Harga Tiket dan Akomodasi Ekonomis

Dari data internal Traveloka, yang diterima VIVA.co.id, Kamis 9 Juni 2016, menunjukkan masyarakat Indonesia telah merencanakan perjalanan mudik sedini mungkin. Bahkan sebulan sebelum Lebaran, konsumen Traveloka telah memesan tiket untuk mudik.

Berdasarkan histori pemesanan tahun sebelumnya, Traveloka mencatat sebanyak 60 persen tiket pesawat untuk mudik dipesan sejak awal Ramadan H-30 Lebaran. Sementara 40 persen pemudik memesan tiket pada periode H-7 dan H+7 Lebaran.

Hindari Penumpukan, Menhub Sarankan Cuti Lebaran Lebih Awal

Kepastian jadwal mudik juga menjadi hal yang penting bagi masyarakat karena sebanyak 75 persen memesan penerbangan pergi dan pulang dalam satu nomor pesanan. Proses pemesanan tiket pesawat yang makin mudah, bahkan kini dapat dilakukan lewat smartphone, juga menjadi salah satu faktor meningkatnya pemudik menggunakan transportasi udara.

Dari data Kementerian Perhubungan, diketahui satu dari empat orang pemudik akan menggunakan transportasi udara tahun ini. Diprediksi jumlah pemudik yang menggunakan transportasi udara akan meningkat 7,6 persen dibanding tahun lalu atau sekitar 4,6 juta jiwa.

Masyarakat Masih Andalkan Website KAI untuk Tiket Mudik

Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi bila dibandingkan dengan moda transportasi lainnya. Data tersebut menegaskan bahwa minat masyarakat Indonesia untuk mudik menggunakan pesawat terus meningkat.

Agar mudik 2016 semakin nyaman, Traveloka mengimbau pemudik untuk memesan tiket pesawat sejak dini. CEO Traveloka, Ferry Unardi, menyarankan agar masyarakat memesan tiket pesawat pada H-30 hingga H-15 Lebaran karena harga tiket pesawat relatif lebih murah dan beragam promo masih banyak tersedia.

"Dengan memesan sejak dini, pemudik bisa menghemat tiket pesawat hingga 10 persen. Berdasarkan data internal Traveloka, harga tiket pesawat pada periode H-7 Lebaran bisa meningkat hingga 2,7 kali lipat dari harga normal," ucapnya.

Untuk kota tujuan favorit libur Idul Fitri tahun ini, Traveloka memprediksi Surabaya, Padang, Jogja, Makassar, Denpasar sebagai destinasi terpopuler berdasarkan jumlah pencarian selama periode mudik Lebaran 2016. Walaupun Denpasar bukan tujuan mudik, namun kota ini tetap menjadi primadona karena sebagian masyarakat memanfaatkan momen Lebaran untuk berlibur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya