Wujud Foto Pertama yang Diambil dari Antariksa

Foto pertama dari antariksa
Sumber :
  • White Sands Missile Range US Army

VIVA.co.id – Saat ini untuk menikmati foto dari luar angkasa sudah begitu mudah. Cukup browsing di internet, sudah bisa menemukan banyak foto berwarna dan resolusi tinggi yang diambil dari antariksa.

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

Tapi pernahkah Anda membayangkan bagaimana wujud foto pertama dari antariksa. Jika Anda belum pernah mengetahui informasi itu, foto pertama dari luar angkasa diambil tujuh dekade lalu. 

Pada 24 Oktober 1946, sebuah roket berhasil mengambil foto pertama dari antariksa, yaitu memotret 'wajah' Bumi.

5 Negara Ini Siap Menjajah Bulan

Dikutip dari Earthsky, Senin 24 Oktober 2016, foto pertama dari antariksa diambil oleh roket V-2 yang diluncurkan ilmuwan Amerika Serikat dari fasilitas White Sands Missile Range, AS. Pada roket itu dipasang kamera gambar gerak 35 milimeter. 

Foto diambil dari ketinggian suborbit yang mencapai 105 kilometer. Memang pengambilan foto Bumi saat itu masih terbatas. Hasil fotonya, 'wajah' Bumi terlihat hitam putih, kental nuansa jadul.

Jadwal Penerbangan ke Luar Angkasa di 2024

Setelah mengambil foto, kemudian kamera jatuh ke Bumi dengan kecepatan 152,4 meter per detik. Untungnya begitu membentur daratan, film dari foto tersebut tetap normal tak ada rusak karena dilindungi dengan kaset baja yang tak berbahaya. 

"Kamera mengambil foto setiap 1,5 detik. Kamera yang menumpang roket naik ke atas, kemudian jatuh ke Bumi beberapa menit kemudian," tulis majalah Air & Space menceritakan momen bersejarah tersebut. 

Majalah tersebut menuliskan sambutan antusiasme foto pertama Bumi. Ilmuwan dan tim peneliti yang datang ke gurun lokasi jatuhnya kamera begitu senang. 

"Mereka gembira, mereka melompat-lompat seperti anak-anak," kata Fred Rulli, yang saat itu merupakan tamtama berusia 19 tahun. Rulli saat itu tergabung dalam tim pemulihan untuk mengevakuasi kamera. 

Bicara riwayat pengambilan foto dari ketinggian, sebelum 1946, sudah ada upaya. Tercatat pada 1935, balon Explorer II mengambil foto permukaan Bumi dari ketinggian 22,04 kilometer. 

Namun pengambilan foto melalui V-2 termasuk tertinggi karena diambil lima kali lipat dari ketinggian pengambilan foto balon Explorer II. 


Foto pertama Bumi dari antariksa

Foto pertama yang diambil dari antariksa

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya