10-11-1983: Virus Komputer Pertama Kali Lahir

Pencipta virus komputer pertama, Fred Cohen
Sumber :
  • www.listosaur.com

VIVA.co.id – Mahasiswa doktoral Universitas Southern California (USC) Amerika Serikat, Fred Cohen berhasil menciptakan virus komputer pertama kali pada 10 November 1983.  Virus komputer itu dia pamerkan dalam seminar keamanan di Lehigh University, Pennsylvania, AS, pada tiga dekade lalu. 

10 Virus Komputer Paling Mematikan di Dunia

Dikutip dari Todayinsci, Rabu 9 November 2016, Cohen menciptakan virus komputer pertama kali saat dia menjadi mahasiswa doktoral USC.

Saat mahasiswa yang lainnya menulis tentang potensi penciptaan program jahat, tapi Cohen memilih berbeda. Dia memilih untuk menunjukkan bagaimana program komputer jahat bekerja. 

Ada Virus Baru di Dunia Medis, tapi Gak Menyerang Manusia

Dalam papernya, dia mendefinisikan virus sebagai program yang bisa menginfeksi program lainnya dengan memodifikasi menjadi versi program yang terinfeksi. 

Cohen memasukkan virus komputer ciptakannya ke program grafis yang dinamakan VD. Virus masuk ke dalam VD dan menggunakan izin dari pengguna untuk melihat bagian lain dari komputer Vax yang dipakai untuk menulis program VD. Begitu virus masuk langsung menyebar ke sistem komputer. 

Kisah Virus Komputer Pertama di Dunia

Cohen menerima gelar doktor teknisi elektrik pada 1986. Menurut data alumni dari USC, Cohen merupakan orang pertama yang secara ilmiah menulis virus komputer. Keahliannya dalam virus komputer muncul saat dia mempelajari kriptografi. 

Ilmuwan asal AS itu menulis beberapa buku tentang keamanan komputer yang telah tersebar luas di antaranya A Short Course on Computer Viruses dan Protection and Security on the Information Superhighway. 

Selain meneliti, kariernya Cohen cukup malang melintang. Misalnya dia menjadi presiden di perusahaan bernama The Radon Project, Kepala All Things Incorporated, ilmuwan senior di SAIC Inc., sampai Direktur Manajer Fred Cohen and Associates sebelum dia bergabung dengan Sandia National Laboratories pada 1996. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya