28-12-2005: Sistem Satelit Alternatif GPS Diluncurkan

Ilustrasi satelit.
Sumber :
  • www.esa.int

VIVA.co.id – Hari ini, sebelas tahun lalu, konsorsium pemerintah dan perusahaan Eropa meluncurkan satelit khusus pesaing GPS. Satelit jaringan pertama itu dinamai Galileo. 

Rusia Diam-diam Buat Senjata Mematikan, AS Dibuat Melongo

Dikutip dari Todayinsci, Rabu 28 Desember 2016, proyek sistem navigasi yang terdiri dari 30 satelit dan bernilai US$4 miliar ini dibuat untuk menyediakan alternatif dari Global Positioning System (GPS) Amerika Serikat dan GLONASS, atau GPS versi Rusia.

Dengan nilai tersebut, proyek itu menjadi proyek antariksa terbesar Eropa pada saat itu, sebab melibatkan sepertiga pemerintah di Eropa dan delapan perusahaan di Benua Biru. 

Peluncuran Satelit Merah Putih 2 Dilindungi Asuransi Jasindo, Simak Rinciannya

Keputusan meluncurkan alternatif sistem navigasi satelit itu muncul, lantaran GPS telah dikendalikan oleh militer AS. 

Sistem Galileo diperkirakan lebih akurat dari GPS dan GLONASS, lebih akurat pada ketinggian yang tinggi, dan dapat membantu Eropa pada saat perang, karena sistem GPS dan GLONASS dapat saja dimatikan oleh Amerika Serikat dan Rusia. Laiknya GPS, pemakaian sistem Galileo disebutkan juga gratis.

Telkom Luncurkan Satelit Merah Putih 2 dari Florida AS Pertengahan Februari 2024

Untuk mengurangi ketergantungan atas GPS, jaringan satelit Eropa itu dirancang untuk penggunaan sipil yang independen, serta menawarkan layanan berbayar dengan presisi yang lebih akurat. 

Penggunaan jaringan satelit ini cocok untuk layanan bandara, transportasi, sampai produsen ponsel. (asp)

Roket Kairos milik Space One Meledak saat peluncuran di Kushimoto, Jepang

Detik-detik Roket Space One Meledak di Udara Setelah 5 Detik Diluncurkan

Startup yang berbasis di Tokyo, Space One, gagal meluncurkan satelit pertamanya ke orbit, setelah roket Kairos yang mereka luncurkan meledak di udara

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024