13-1-1978: Grup Astronaut Wanita AS Pertama Terpilih

Kelompok astronaut wanita NASA.
Sumber :
  • www.space.com/NASA

VIVA.co.id – Hari ini 39 tahun lalu, Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA memilih kelompok astronaut wanita pertama.

VIDEO: Cara Astronaut BAB di Luar Angkasa

Kelompok astronaut itu terdiri dari enam kaum hawa yakni Shannon W. Lucid, Margaret Rhea Seddon, Kathryn D. Sullivan, Judith A. Resnik, Anna L. Fisher dan Sally K. Ride.

Dikutip dari Space, Kamis 12 Januari 2017, keenam wanita ini menjalani periode latihan dan akhirnya mereka semua setidaknya terbang dalam sebuah misi antariksa. Lima di antaranya mencatatkan diri sebagai astronaut wanita pertama dalam misinya masing-masing. 

4 Astronaut Bulan yang Masih Hidup, Ada yang Pernah Menyesal

Ride belakangan menjadi astronaut wanita pertama AS yang meluncur ke antariksa, Judith Resnik menjadi astronaut AS-Yahudi pertama yang terbang dalam misi antariksa, Kathryn Sullivan menjadi astronaut wanita pertama yang melakukan berjalan di ruang hampa atau spacewalk. 

Kemudian Shannon Lucid menjadi astronaut wanita pertama yang mengunjungi Stasiun Antariksa Mir, selanjutnya Sullivan and Ride menjadi dua astronaut pertama yang terbang dalam misi bersama. Terakhir, Resnik terbang dalam misinya pada 1984 dan meninggal dalam insiden Chalennger pada 1986. 

Melalui Tayangan Video Bisa Ungkap Kebohongan Besar NASA

Kelompok astronaut yang diseleksi pada 1978 dikenal dengan Astronaut Group 8 NASA. Kelompok astronaut pertama yang diseleksi sejak 1969.

Kelompok astronaut wanita itu sebenarnya bukan yang pertama diseleksi NASA. Pada awal 1960-an, ada kelompok astronaut NASA yang disebut Mercury 13. Kelompok astronaut ini terpilih untuk menjalani pelatihan. 

Sayangnya, tidak ada astronaut dari Mercury 13 yang berkesempatan terbang ke antariksa. Mereka hanya melakukan serangkaian latihan keras dan aneh. 

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya