30-3-1951: Komputer Generasi Pertama Dikomersialkan

Univac 1
Sumber :
  • Dok. web

VIVA.co.id – Komputer generasi pertama berhasil dikomersialkan 66 tahun lalu. Komputer itu buatan John William Mauchly dan J. Presper Eckert yang dinamakan Univac I.

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Univac 1 merupakan kepanjangan dari Universal Automatic Computer, diproduksi oleh perusahaan Amerika bernama Sperry Rand Corporation untuk pasar Amerika. Kedua penemu Univac I merupakan orang yang juga pernah menemukan ENIAC, Electronic Numerical Integrator And Computer.

Komputer ini khusus pertama kali dikirimkan untuk Biro Sensus Amerika dan Angkatan Udara Amerika. Butuh waktu setahun untuk bisa mengirimkan Univac ke kedua instansi itu. Saat berada di biro sensus, Univac bekerja nonstop sehari 24 jam penuh, hingga 1963.

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

Univac 1 adalah komputer pertama yang dirancang Amerika untuk kepentingan bisnis dan keperluan administrasi. Perangkat itu untuk eksekusi cepat dari sejumlah besar aritmatika relatif yang sederhana dan operasi data, yang bertentangan dengan kompleks numerik perhitungan dan diperlukan oleh komputer ilmiah.

Komputer Univac 1 merupakan komputer yang pertama kali menggunakan pita magnetik (Magnetic Tape) sebagai media input dan output-nya. (art)

Kampung Ini Jadi Tempat Koleksi Kamera Terbesar di Dunia
Koper bertenaga AL

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Koper AI tenaga canggih ini juga menawarkan umpan balik kepada para penggunanya, yakni tunantera baik melalui komponen percakapan bawaan, serta sensor haptik di pegangan.

img_title
VIVA.co.id
31 Januari 2023