Infografik: Pengalaman Astronaut Berpuasa di Antariksa

Sheikh Muszaphar Shukor, astronot asal Malaysia
Sumber :
  • spaceflight.nasa.gov

VIVA.co.id – Menjalankan misi ke Stasiun Antariksa Internasional atau ISS tak menjadi penghalang bagi astronaut Malaysia, Sheikh Muszaphar Shukor, untuk beribadah termasuk ibadah puasa. 

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Muszaphar menjalani misi di ISS selama 12 hari jelang Ramadan berakhir. Dikutip dari Reuters, Muszaphar meluncur ke ISS dari Kosmodrom Baikonur, Kazakhstan melalui wahana Soyuz TMA-11 pada 10 Oktober 2007. Saat meluncur, puasa sudah sampai hari ke-28.

Mau tak mau, astronaut yang berprofesi sebagai ahli bedah ortopedi tersebut menjalankan sisa puasa Ramadan 2007 di antariksa. Selain menjalankan puasa, Muszaphar juga menjalankan salat lima waktu di ruang nol gravitasi dengan menyesuaikan lingkungan di ISS. Salatnya berdiri, lutut dan sujud mengambang.

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Sebelum meluncur Muszaphar sudah menyiapkan perayaan Idul Fitri pada 2007. Dia membagikan sate dan kue ke sesama awak ISS lainnya. Tak lupa, Muszaphar juga menggemakan takbir di ISS serta mengucapkan selamat Idul Fitri kepada rakyat Malaysia.

Perkara ibadah di ISS yang dijalani Muszaphar sempat menjadi pembahasan serius.

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

Dikutip dari Utusan Malaysia, sebelum peluncuran Muszaphar, Lembaga Antariksa Malaysia (Angkasa) langsung menggelar sebuah konferensi yang diikuti 150 ilmuwan Islam untuk memecahkan masalah ibadah di ISS.

Dewan Fatwa Nasional Malaysia kemudian mengeluarkan tata cara Pelaksanaan Ibadah di ISS sebagai panduan Muszaphar menjalankan ibadah di ISS.

Soal misi ilmiah di ISS, Muszaphar menjalankan eksperimen kesehatan, yaitu karakteristik dan perkembangan sel kanker hati dan leukimia, kristalisasi berbagai protein dan mikroba pada gravitasi rendah Bumi.

Pengiriman Muszaphar bagian dari paket pembelian 18 pesawat tempur Sukhoi Rusia oleh Malaysia pada 2003. Muszaphar terpilih terbang ke ISS setelah menyisihkan 11.267 calon yang mendaftar. Astronaut Malaysia itu mendarat ke Bumi pada 21 Oktober 2007.

Image and video hosting by TinyPic

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya