05-09-1862: Pecah Rekor Penumpang Balon Udara Tertinggi

Ilustrasi balon udara.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Pada 155 tahun silam, seorang metereolog bernama James Glaisher menjadi orang pertama mencetak rekor terbang dengan balon udara paling tinggi.

Menhub Minta Antisipasi Festival Balon Udara di Jawa Agar Tak Ganggu Penerbangan Arus Mudik

Ketinggian yang dicapai hampir 12 kilometer, atau sekitar 7 mil. Dilansir Today in Science, Glaisher tebang untuk melakukan pengamatan ilmiah, seperti variasi suhu dan kelembaban atmosfer pada ketinggian tinggi.

Glaisher terbang bersama Henry Tracey Coxwell, sebagai pilot balon udara. Meskipun ini adalah ketinggian terbesar yang diraih oleh penumpang dalam balon, ketinggian pastinya tidak diketahui.

Ngeri, Terekam Detik-detik CEO Perusahaan Besar Terlempar dari Balon Udara dan Tewas

Hal ini dikarenakan Glaisher kehilangan kesadaran dan tidak dapat membaca barometer. Kematian nyaris menghampirinya jika bukan karena keberanian Coxwell yang menolong Glaisher.

Periode 1862-1866, Glaisher sering melakukan penerbangan dengan menggunakan balon udara. Ini dilakukan atas perintah dari Komite Asosiasi Inggris untuk melakukan riset ilmiah. (ren)

Pemprov DKI Bantah Ada Balon Udara Bergambar Ganjar-Mahfud di Monas
[dok. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan]

Amankan Penerbangan saat Mudik Lebaran, Kemenhub Hanya Izinkan Festival Balon Udara di 2 Lokasi Ini

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, memberikan arahan bahwa pelaksanaan Festival Balon Udara hanya diizinkan di dua lokasi, yaitu Wonosobo dan Pekalongan.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024