Tradisi Rempeyek Saat Lebaran

foto
Sumber :
  • U-Report
VIVAnews
Nikita Mirzani Bongkar Kelakuan Pasangan yang Posesif: Sindir Rizky Irmansyah?
- Rempeyek, makanan ringan yang satu ini terbuat dari tepung beras dengan taburan kacang tanah yang digoreng tipis sepertinya sudah menjadi makanan ringan yang wajib ada saat lebaran di Banjarnegara. Selain kacang juga bisa menggantinya dengan kedelai hitam atau tergantung selera. Namun, yang menjadi favorit saat lebaran adalah rempeyek kacang.

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

Menjelang hari akhir Ramadan, ibu-ibu rumah tangga mulai terlihat sibuk mempersiapkan bahan-bahan untuk membuat rempeyek. Bahan-bahan rempeyek terdiri dari tepung beras, tepung kanji, bawang putih, ketumbar, garam, kemiri, telur, kencur dan bisa diberi daun kucai untuk menambah rasa gurih.
Ian Wright Sebut 2 Pemain Ini Dibutuhkan Arsenal untuk Taklukkan Bayern Munich, Siapa Mereka?


Biasanya ibu-ibu mulai menggoreng rempeyek sejak pagi hari setelah salat subuh, karena harus menggoreng rempeyek dua sampai lima bungkus plastik berukuran 8 kg. Pada sore harinya ibu-ibu menyiapkan masakan untuk berbuka puasa.


Panen rempeyek di hari lebaran, begitulah kira-kira disebutnya. Mengunjungi tetangga dijadikan ajang saling mencicipi rempeyek buatan mereka masing-masing. Dan obrolan seputar rempeyek selalu hangat dikalangan ibu-ibu saat menjelang akhir Ramadan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya