Balawan Berhenti Pentas di Luar Negeri

I Wayan Balawan saat tampil di Gedung Kesenian Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAlife - Kepiawaian I Wayan Balawan memetik gitar dengan nada khas etnik Bali kerap membawanya pentas di luar negeri. Pria asli Bali yang juga tergabung dalam grup musik Trisum kini ternyata mulai mengurangi aktivitas 'ngamen' di negeri orang.

Ternyata, pemusik berusia 39 tahun itu sedang menikmati statusnya sebagai ayah. Untuk sementara, ia menolak tawaran pentas di luar negeri.

“Kalau pentas luar negeri stop dulu, karena baru punya anak umur satu bulan. Jadi, pentas di dalam negeri dulu. Habis dari Solo, nanti ke Surabaya,“ ujar Balawan kepada VIVAlife di sela acara Kereta 'Kencana Worldmusic Festival' (KWF) di Pabrik Gula Colomadu, Kamis, 5 Juli 2012.

Balawan bercerita, biasanya pada liburan musim panas ia kerap diundang untuk pentas di luar negeri. Genre dan eksplorasi musiknya, memang sangat disenangi oleh publik mancanegara.

“Biasanya musim summer, dari bulan Mei hingga Juli pentas ke Eropa, Jepang dan Amerika. Kalau di luar negeri, eksplorasinya yang aneh-aneh seperti saya ini kan, malah disenangi. Seperti ada nuansa yang berbeda," kata Balawan

Ia juga tak bosan-bosannya mengeksplorasi musik etnik khas Indonesia. Termasuk, memadukannya dengan genre musik modern sehingga lebih bisa diterima publik. Balawan ingin orang Indonesia sendiri yang mengembangkan dan memperkenalkan musik asli Indonesia.

 “Tapi eksplorasi musik itu yang memainkan adalah orang Indonesia, bukan orang luar negeri. Bukan seperti Sting main gamelan,“ ujarnya. (ren)

Mendagri: Dewan Kawasan Aglomerasi Bukan Ambil Alih Kewenangan Pemerintahan Daerah
Ilustrasi buah-buahan.

Tak Melulu Konsumsi Pil Vitamin, Ini 5 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Tak melulu harus mengonsumsi pil vitamin c, kebutuhan akan vitamin C dapat dipenuhi dengan konsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin ini. Berikut adalah beberapa buah y

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024