Afiqa, Dari Bintang Iklan Hingga Penyanyi Cilik

Afiqah
Sumber :
  • facebook.com/afiiqa

VIVAlife – Gadis cilik itu tampak asyik membuat clay (tanah liat) karakter favoritnya, angry birds. Ia seakan tenggelam dalam dunianya sendiri. “Afiqa itu suka sekali dengan angry birds,” ujar ibunda Afiqa, Dina Erwin Estaria saat ditemui VIVAlife.

Nasib Tragis Gadis 16 Tahun Tewas Usai Dicekoki Narkoba dan Dicabuli di Hotel Jaksel

Afiqa, gadis cilik berusia enam tahun ini namanya mulai meroket setelah membintangi sejumlah iklan di televisi. Mulai susu bayi, sepeda, hingga produk makanan. Meski demikian, waktu yang diperlukan pemilik nama lengkap Amanina Afiqah Ibrahim ini untuk meraih sukses tidaklah singkat.

Menurut penuturan Dina, karier Afiqa di dunia hiburan dimulai sejak usia tiga tahun. Saat itu, salah satu majalah tentang tumbuh kemabng anak meminta Afiqa menjadi model. Dina pun kemudian mengikutkan Afiqa dalam sejumlah casting atas saran temannya. 

Langit Yunani Tiba-tiba Berubah Jadi Oranye, Ini Penyebabnya

“Setelah satu tahun ikut casting baru dapat iklan, tapi sebelumnya ada iklan pertama. Hanya saja cuma kelihatan rambut,” ujar Dina yang mengaku saat hamil Afiqa tak suka melihat wajah aktor Ari Wibowo.

Kini, Afiqa melebarkan sayapnya ke dunia akting. Gadis keturunan Aceh, Padang, dan Manado tersebut bermain di film Laura dan Marsha dan menjadi cameo di film Perahu Kertas. Dina mengutarakan, alasan dirinya tak mengikutsertakan Afiqa dalam sinetron seperti artis cilik lain.

Soal Cincin di Jari Manis dan Dilamar di Bali, Ini Kata Syifa Hadju

“Saat ini takut menganggu kegiatan sekolah. Jadinya nggak dulu deh,” katanya. 

Menurut Dina, Afiqa termasuk anak yang sangat aktif.  Meski wajahnya manis dan cantik, ujar Dina, hobi Afiqa seperti anak laki-laki.

“Sukanya main flying fox, outbond. Sukanya yang tantangan. Suka main yang kayak di sawah dan mandiin kerbau,” ujar Dina. 

Dina pun membatasi waktu syuting Afiqa. Ia juga berusaha untuk memberikan waktu bagi Afiqa untuk istirahat jika ada syuting hingga malam. 

“Di tempat syuting itu kru-krunya harus mengutamakan kepentingan anak. Jadi kalau anaknya moody kita break dulu. Kalau anaknya capai harus istirahat dulu,” katanya. 

Mengidolakan Morgan ‘SM*SH’

Meski usianya masih cukup muda, Afiqa ternyata sudah memiliki sosok yang dikagumi. Sosok tersebut adalah salah seorang personel boyband SM*SH, Morgan. Menurut Dina, Afiqa terinspirasi menjadi penyanyi setelah menjadi penggemar Morgan.

“Saya sama papanya juga heran. Kok bisa dia mengidolakan orang itu ya. Mungkin karena ruang lingkup sekolah atau lihat di televisi,” kata Dina .

Setelah menjadi model iklan dan bintang film, tawaran rekaman pun mampir kepada Afiqa. Ia dipinang oleh manajemen Kevin Aprilio. Dina pun mendiskusikan tawaran tersebut lebih dahulu dengan sang suami, Erwin Andri Ibrahim.

“Akhirnya aku tanya kalau nyanyi boleh nggak. Aku juga langsung tanya sama manajemennya, katanya nggak ganggu waktu sekolah karena cuma Sabtu dan Minggu saja,”  ujarnya.

Dina yang menolak disebut telah mengeksploitasi anak ini juga menjelaskan bahwa penghasilan Afiqa akan digunakan untuk pendidikan sang buah hati meski sang ayahanda juga tetap membiayai pendidikan Afiqa. 

“Penghasilannya lebih untuk dia ke depan karena uang sekolah kan semakin meningkat. Ada beberapa tabungan untuk persiapan masa depannya dia,” kata Dina yang membebaskan Afiqa untuk memilih kariernya sendiri selama bersifat positif. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya