Bondan Prakoso: Sekarang Era Kelam Industri Musik

Penyanyi Bondan Prakoso
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAlife - Sebagai seorang musisi, Bondan Prakoso mengakui industri musik Indonesia saat ini tengah mengalami kesulitan. Bahkan RBT dan penjualan album pun, tak bisa diharapkan karena saat ini banyak sekali situs yang menyediakan unduh lagu gratis. 

Kondisi Terkini Pemain Timnas Malaysia Faisal Halim Usai Disiram Air Keras OTK

Selain itu, kata Bondan, tren off-air pun lebih banyak didominasi boyband dan girlband. Menurutnya, era ini merupakan masa-masa kelam industri musik. Tak dipungkiri, bapak satu anak itu menjadi makin kurus karena terlalu banyak memikirkan industri musik Indonesia.

"Dahulu masih bisa tertolong RBT. Dahulunya lagi, pembajakan belum banyak. Sekarang kompleks, RBT nggak bisa diharapkan dan pembajakan makin menggila. Digital pun nggak naik-naik. Saya bilang, ini dark ages of music industry," ujarnya saat dijumpai di kawasan Kebon Jeruk, Senin, 8 Oktober 2012. 

Pemkot Tangsel Raih Opini WTP 12 Kali Berturut, Benyamin: Kami Selalu Bertekad Pertahankannya

Jauh dalam hatinya, vokalis Fade 2 Black itu sangat berharap pada pemerintah untuk bisa membatasi situs penyedia unduh gratis di Indonesia. Selain itu, ia juga mengimbau pada para musisi untuk mulai menyiapkan jalur-jalur kreatif lain yang bisa membantu eksistensi mereka. 

Pada akhirnya, kata Bondan, semua tidak bisa bergantung pada siapa-siapa. "Para musisi, di tahun 2012 ini semua harus punya spirit indie, semangat the i way, do it yourself. Maintain fans, interaksi sama mereka, bikin inovasi, merchandise, sampai direct selling," kata mantan penyanyi cilik ini menyarankan. (adi)

Sosok Jenderal Kopassus di Balik Operasi 20 Menit Rebut Homeyo dari Tangan OPM

Ilustrasi pelecehan seksual

Viral Fortuner Pelat Polri Ugal-ugalan, 2 Pemuda Tanggung Biadab Cekoki Lalu Perkosa Siswi SMP

Simak Round Up deretan artikel di kanal News VIVA menyedot perhatian pembaca sepanjang Selasa, 7 Mei 2024. Salah satu artikel viral Fortuner Pelat Polri yang ugal-ugalan

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024