Sendratari Ramayana Prambanan Pecahkan Rekor Dunia

Candi Prambanan, Yogyakarta.
Sumber :
  • Reuters

VIVAlife - Indonesia patut berbangga. Sendratari Ramayana Prambanan berhasil memecahkan rekor dunia sebagai pementasan tari kolosal dengan pemain terbanyak dan paling lama digelar (1961-2012). Pagelaran yang menggabungkan seni tari dan drama ini pun diganjar sertifikat Guinness World Records

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

"Pemecahan Guinness World Records ini dilakukan supaya seni tradisi kita bisa dikenal di dunia internasional," kata Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko di Prambanan, Purnomo Siswoprasetjo, Yogyakarta, Senin, 15 Oktober 2012.

Sendratari Ramayana Prambanan yang digelar malam ini, Senin, 15 Oktober 2012, akan melibatkan 260 personel. Pertunjukkan yang digelar di panggung terbuka Candi Prambanan itu dihadiri Client Services Director Guinness World Records, Lucia Sinigagliesi. 

Kumpulan Kata-kata Inspiratif untuk Memperingati Hari Kartini

Lebih lanjut Purnomo menuturkan, Sendratari Ramayana perlu dilestarikan dan dikembangkan sebagai warisan seni tradisi bangsa. Direktur Pemasaran dan Pengembangan Usaha PT TWC Borobudur Prambanan dan Ratu Boko, Agus Hacanny mengakui, Sendratari Ramayana sempat ditolak oleh Guinnes World Records.

"Sendratari Ramayana ini sebelumnya sempat ditolak di Guinnes World Records, karena harus terukur dan akhirnya diterima," ujarnya.

Prabowo Larang Pendukungnya Demo di MK, Demokrat Beri Pujian: Negarawan dan Komitmen Tinggi

Sutradara Pertunjukan Sendratari Ramayana, Timbul Haryono menuturkan, ini kali pertama dirinya melakukan pementasan dengan personel sebanyak 260 orang. "Sepanjang hidup saya baru kali ini pementasan dengan 260 personel yang dilakukan dengan waktu bersamaan," ujar Timbul.

Angger Dimas saat berada di makam Dante

Ibunda Meninggal Dunia, Angger Dimas Ungkap Kenangan Haru Tak Terlupakan

Angger Dimas mengungkap kenangan indah dengan sang bunda. Angger merasa Tri Rahayu merupakan sosok ibu yang sangat berjasa yang telah membuatnya sampai di titik sekarang.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024