Indonesia, Pasar Menggiurkan Bagi Artis Korea Selatan

Big Bang di MTV Europe Music Awards
Sumber :
  • REUTERS/Luke Macgregor

VIVAlife - Sabtu malam, 22 September 2012, Stadion Gelora Bung Karno (GBK) mendadak dipenuhi ribuan remaja pria dan wanita dengan semangat bak suporter bola. Alih-alih melihat pertandingan sepakbola, para kaum muda Tanah Air ini sesungguhnya datang untuk menyaksikan sebuah konser. 

PKS Bakal Sambangi Markas PKB Malam Ini, Bahas Apa?

Ini bukan konser biasa. Melainkan konser gabungan dari sejumlah artis Korea Selatan yang berada di bawah naungan SM Entertainment. Bagi para pecinta musik Korea Selatan, pertunjukkan ini adalah sesuatu yang mereka nanti-nantikan. 

Tengok saja bagaimana histerisnya para penggemar saat melihat SNSD atau Super Junior tampil di atas panggung GBK. Suara mereka tak kalah lantang dari para suporter sepakbola. 

Respons Albertina Ho Usai Dilaporkan ke Dewas oleh Pimpinan KPK

Seiring gelombang budaya Korea Selatan (hallyu wave) yang "menyapu" hampir seluruh kawasan Asia dalam satu dekade terakhir ini, para artis dari Negeri Gingseng itu pun tak ketinggalan menginjakkan kakinya di Indonesia.

Mengapa Indonesia? Dengan jumlah penduduk ke-4 terbesar di dunia, tentunya pasar musik Indonesia sangat menggiurkan di mata para pelaku industri hiburan Korea Selatan. Indonesia sebagai pasar musik potensial bisa dilihat dari animo penggemar terhadap konser-konser artis Korea yang digelar di Tanah Air.

Indonesia Jadi Penghasil Sugar Daddy Terbanyak ke-2 di Asia Tenggara

Hanya dalam waktu sekejap, tiket konser ludes terjual. Bahkan, ada kejadian promotor yang menambah jadwal konser menjadi dua hari karena tingginya permintaan. Hal ini rupanya terbaca oleh beberapa agen atau manajemen artis-artis Korea Selatan.

Artist Agency Rainbow dan CUBE Entertainment misalnya. Mereka baru saja memandatangani perjanjian kerjasama dengan Artist Agency Indonesia. Tujuan kerjasama ini tak lain adalah untuk mempermudah artis-artis CUBE Entertaiment seperti Beast, G-Na, BTOB, dan lain-lain melakukan aktivitas di Indonesia

Dengan kontrak kerjasama tersebut, artis-artis dari CUBE Entertainment yang berhubungan dengan menajemen pun bisa aktif dalam iklan, show, konser, event dan lain-lain di Indonesia. "Dengan perjanjian ini artis Cube Entertainment akan aktif di Indonesia dengan lebih mudah dan berusaha melakukan yang terbauk untuk Indonesia agar Indonesia pun bisa sukses," ujar CEO Rainbow Bridge Kim Jin Woo. 

Keseriusan untuk menggarap pasar musik Indonesia juga diperlihatkan YG Entertainment. Agen sekaligus perusahaan rekaman independen yang menaungi penyanyi fenomenal Psy, Big Bang, dan 2NE1 ini juga mulai melirik pasar Indonesia. Apalagi baru-baru ini, artis mereka, Big Bang sukses menghelat konser di Jakarta selama dua hari berturut-turut.

Menurut BigDaddy, promotor yang menyelenggarakan konser Big Bang di Indonesia, pihak YG Entertainment bahkan telah mengundang mereka ke Seoul dalam rangka mendiskusikan program untuk tahun 2013 mendatang.

"Dari YG sampai kirim dua petingginya ke Jakarta untuk survei. Mereka sangat optimistis dengan pasar Indonesia dan commit untuk bantu development-nya," ujar BigDaddy lewat akun Twitter resmi mereka. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya