Ramadhan Kali Ini Lyra Virna Ajarkan Anak Berpuasa

Lyra Virna
Sumber :
  • VIVAlife/ Rizky Sekar Afrisia

VIVAlife - Menjalani puasa dengan berhijab memang bukan tahun pertama bagi artis cantik Lyra Virna. Namun tahun ini, ia ingin melakukan sesuatu yang berbeda. Ia bukan hanya akan fokus beribadah, tetapi juga mulai mengajarkan anak-anaknya berpuasa. Terutama, anak pertamanya yang segera menginjak usia 7 tahun.

Selama ini, anak-anaknya hanya tahu bahwa puasa itu wajib. Bahwa prakteknya menahan lapar, haus, serta emosi dan hawa nafsu, pun sudah diketahui. Namun, anak-anaknya belum mulai berpuasa. Lyra merasa, ia punya PR (pekerjaan rumah) untuk membentuk akhlak anak-anaknya.

Kunjungan ke Jepang, Sekjen Kemnaker Terus Berupaya Tingkatkan Kerja Sama Pengembangan SDM

"Aku bisa masuk surga atau neraka karena mereka," katanya menambahkan.

Ia merasa harus terjun langsung mengajarkan pendidikan agama pada anak-anaknya. Apalagi, dirinyalah yang mendapat perwalian hak asuh anak dari perceraiannya dengan sang suami, Eric Scada. Lyra bertekad akan mengajarkan anak-anaknya mulai sahur, menahan lapar, haus, emosi, sampai waktunya berbuka puasa. Yang penting, katanya, bisa menjelaskan alasan wajibnya puasa dan rutin mengingatkan mereka.

"Yang penting Abang tahu puasa itu untuk apa. Supaya dia nggak bersungut-sungut menjalankannya. Harus tahu bahwa puasa wajib dan berpahala," katanya membeberkan.

Pengetahuan agama yang berulang dan rutin seperti itu, menurutnya akan lebih menancap pada ingatan anak. "Yang kecil nanya-nanya, habis sholat kok sholat lagi. Aku kasih tahu, memang sholat ada waktu-waktunya. Begitu," ujar Lyra mencontohkan.

Ia bahkan belum berpikir akan memberikan reward untuk anak-anaknya bila sukses menjalankan puasa. Baginya, yang terpenting adalah pengetahuan dasar, bukan tujuan materi. Namun, jika memang reward bisa membuat anak-anaknya lebih termotivasi dan bersemangat, Lyra tak mengharamkannya.

Respons Surya Paloh Soal Waketum Nasdem Sambangi Rumah Prabowo Subianto Malam Ini

"Kenapa nggak? Tapi mungkin reward-nya apa ntar dulu ya," ucapnya. (eh)

Ilustrasi sidang kode etik anggota polisi

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

Di lokasi kejadian, 5 polisi tersebut berlagak preman dengan menodong senpi ke korban lalu menghajar secara membabi buta.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024