Syuting 70 Hari, Biaya Film "Soekarno" Membengkak

Film Soekarno
Sumber :
  • filmsukarno.com

VIVAlife -  Produksi film Soekarno: Indonesia Merdeka! nyaris rampung. Sutradara Hanung Bramantyo dan para pemain syuting terakhir di Kebun Raya Bogor pada Jumat, 26 Juli 2013

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Saat itu Hanung mengakui filmnya kali ini menjalani proses syuting terlama. Yang seharusnya hanya 45 hari molor menjadi 70 hari. Tak ayal, itu pun membuat ongkos produksi membengkak. Namun, ujar Hanung, pembengkakan biaya itu tak sampai dua kali lipat.

"Pasti kalau syuting 45 hari jadi 70 hari over budget ya. Tapi paling 10-15 persen, nggak sampai dua kali lipat," ujar sutradara Perahu Kertas itu.

Drama Penalti Diulang Justin Hubner hingga Penalti Gagal Bikin Deg-degan Suporter Timnas

Meski demikian, Hanung mengaku puas dengan pekerjaannya selama ini. Kalaupun molor, katanya, pasti dengan alasan yang jelas. Ia mengakui, produksi film yang mengisahkan kemerdekaan Indonesia dengan Soekarno, Hatta, dan Sjahrir sebagai tokoh sentralnya merupakan hal yang tidak mudah. Ia menyebutkan, ini film yang cukup berat. Bukan sekadar drama biasa.

"Bahkan tiap shot saya harus berhenti dulu. Berpikir, konteksnya bener nggak ya. Adegannya bener nggak ya?" ujar Hanung.

Kalau film biasa sehari bisa sampai 10 adegan, Soekarno: Indonesia Merdeka! maksimal hanya lima adegan. Ia harus bekerja ekstra keras memikirkan detail sejarah dan properti. Semua harus sesuai dengan setting waktu tahun 1920-1945. Yang terpenting, juga sesuai dengan karakter Soekarno yang hendak ditonjolkan dalam film itu.

Tak jarang Hanung dan tim harus mengulang adegan atau menunda karena suatu kendala, demi mendapatkan hasil maksimal. Saat adegan proklamasi saja, pengambilan gambar bisa sampai tiga hari karena kebetulan cuaca tidak mendukung.

"Itu melibatkan 500 extras dan harus mengulang lagi," kata suami Zaskia Addya Mecca itu. (ren)

Anggota DPR Salut Kejagung Berani Usut Dugaan Korupsi di Sektor Tambang
Ilustrasi menenangkan anak tantrum

Mengenali Tanda-Tanda Tantrum Tidak Normal pada Anak, Orang Tua Harus Merespons dengan Cermat

Tantrum adalah ledakan perilaku yang mencerminkan suatu respon disregulasi terhadap rasa frustasi anak sehingga anak tak mampu meregulasi rasa frustasi yang yang dialami.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024