Kisah Ustaz Jeffry Difilmkan, Ini Dia Bintang Utamanya

Ustad Jeffry Al Buchori (Uje)
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAlife - Almarhum Ustaz Jeffry Al-Buchory tetap dikenang banyak orang karena sosok yang begitu inspiratif. Tak heran rumah produksi Multivision ingin menampilkan kisah penceramah kondang itu dalam sebuah film layar lebar.

Catherine Wilson Ngaku Malu, Mobil Pemberian Idham Masse Ditarik Pihak Leasing

Ditemui di Multivision Tower, Kuningan, Rabu 31 Juli 2013, Raam Punjabi sang pencetus ide menuturkan, pihaknya dan keluarga Uje telah membuat kesepakatan soal film itu sejak tiga bulan lalu.

Dalam waktu singkat itu, ia sudah langsung menemukan siapa bintang yang didapuk sebagai pemeran utama. Aktor muda Rifky Balwel memerankan Uje, sedangkan Revalina S Temat sebagai Pipik Dian Irawati, sang istri. Rifky terpilih setelah melalui casting tiga bulan lalu, tak lama pasca kesepakatan dengan keluarga Uje dicapai. Suami Risty Tagor itu bersaing dengan 100 kandidat lainnya.

"Sutradara mengerucutkan pilihan dari 100 jadi 50, 40, kemudian 10, dan akhirnya terpilih dia. Tim kreatif pun setuju," kata Raam menerangkan.

Menurutnya, Rifky punya bibit menjadi seorang aktor yang bagus. Sehingga sutradara Faozan Rizal tak perlu terlalu susah payah mengarahkan. Bapak satu anak itu memang sudah berkali-kali terlibat di produksi FTV dan sinetron.

Pengakuan Jujur Shin Tae-yong Usai Ernado Ari Gagalkan Penalti Australia

Bakat Berdakwah

Selain itu, Raam menambahkan, sutradara juga melihat adanya bakat berdakwah dalam diri Rifky. Cara berdialognya pas dan ia pandai membaca Alquran. Secara fisik pun ia pantas memerankan seorang ustaz yang dikagumi banyak kalangan. Rencananya, besok tim produksi akan memperkenalkannya ke pihak keluarga Uje. Selama ini, mereka hanya melihat Rifky dari foto.

"Dari foto sih sudah setuju. Tinggal lihat sosoknya secara nyata. Saya yakin beliau (keluarga Uje) tidak keberatan," kata Raam.

5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar

Namun, saat diwawancara sebelumnya secara terpisah Umi Tatu, ibunda Uje menuturkan ia lebih 'sreg' jika yang memerankan almarhum anaknya adalah Ustaz Aswan. Menurutnya, Aswan bisa seperti Uje dalam hal berceramah, membaca sholawat, dan ayat suci Alquran.

"Cari yang kayak Uje itu sulit. Aswan ini mirip, kan satu bapak. Tapi biar Pak Raam Punjabi saja yang memutuskan," kata Umi Tatu saat ditemui di tempat yang sama.

Ia mengaku belum tahu bahwa pemeran Uje sudah dipastikan. Sepengetahuan Umi, Aswan memang sempat menolak karena tak punya keinginan menjadi artis. Sementara itu, menetapkan pemeran Pipik tak perlu perdebatan panjang. Pipik sendiri sudah mengamanatkan sejak awal, dirinya ingin diperankan Revalina. Alasannya, ia melihat ada kemiripan antara dirinya dan bintang film Wanita Berkalung Sorban itu

"Wajahnya katanya mirip, dan gerak-gerik Revalina membuat dia tertarik," ujar Raam menyebutkan.

Tanpa melalui casting, Multivision langsung menunjuk Reva dan disetujui. Awalnya, tim produksi mengusulkan Pipik sendiri ikut berakting dalam film yang bakal mulai syuting September mendatang itu. Namun kemudian ada pertimbangan soal perbedaan usia dengan Rifky yang memerankan Uje. Beruntung, Pipik tak keberatan.

Ia bahkan mengusulkan sendiri nama Reva. Selain Rifky dan Reva, kemungkinan akan ada anggota keluarga yang ikut bermain, seperti Umi Tatu, dan anak-anak Uje, Adibah serta Abidzar. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya