KPAI Soroti Kecelakaan Anak Ahmad Dhani

Ahmad Dhani dan tiga putranya, Al, El dan Dul
Sumber :
  • VIVAlife/ Shalli Syartiqa
VIVAlife -
Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS
Kasus kecelakaan maut yang menimpa anak bungsu musisi Ahmad Dhani, Abdul Qadir Jaelani atau yang akrab disapa Dul mendapat perhatian dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Menurut Juru Bicara KPAI, Arist Merdeka Sirait, kecelakaan maut yang mengakibatkan enam orang meninggal dan 9 lainnya luka-luka itu murni karena kelalaian orangtua.
Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan


Usia Dul yang belum cukup umur untuk mengendarai mobil pun bisa memberatkan dirinya juga orangtuanya.


"Ini murni kelalaian orangtua yang tidak mampu mengontrol hingga berdampak pada orang lain. Mengacu pada UU Lalu-lintas tahun 2009, anak usia 13 tahun belum cukup dibenarkan untuk mengendarai motor atau mobil," ujarnya kepada VIVAlife saat dihubungi Senin, 9 September 2013.


Arist melanjutkan kasus ini juga menjadi tanggung jawab orangtua Dul yaitu Ahmad Dhani dan Maia Estianty. Menurutnya, kejadian ini bisa saja diselesaikan secara baik-baik kepada keluarga korban, namun untuk urusan hukum tetap berjalan sebagaimana mestinya.


"Anak sudah jelas melanggar hukum. Tapi saran saya, kasus ini direstorasi karena usianya masih di bawah umur. Kasus ini harus diselesaikan di luar pengadilan."


Lebih jauh Arist melanjutkan, akibat kejadian ini hak asuh anak yang tadinya ada di tangan Dhani bisa saja jatuh ke Maia sebagai ibu kandungnya.


"Sesuai pasal 13 UU No 23/2002 dijelaskan bahwa, hukum pemberatan bisa dicabut hak asuhnya dan diberikan kepada ibunya atau negara karena kewajiban hukumnya (merawat, mengasuh dan membimbing) sudah dilanggar. Selama ini kan tanggung jawab anak lebih banyak ke ayahnya," ungkapnya.


Hingga kini, Dul masih dirawat secara intensif di rumah sakit Pondok Indah, Jakarta. Ia mengalami patah kaki dan harus dioperasi. Keluarga serta kerabat pun terus berdatangan sejak kemarin malam.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya