Ini Wujud Superhero Baru Marvel Comics

Kamala Khan, pahlawan baru Marvel Comics
Sumber :
  • REUTERS/Adrian Alphona

VIVAlife - Captain America, Iron Man, Spiderman, dan Hulk mendapat anggota keluarga tambahan. Marvel Comics memperkenalkan pahlawan baru. Ms Marvel, sebutan bagi jagoan baru itu, bernama Kamala Khan.

Jaksa KPK Panggil Febri Diansyah dkk ke Sidang SYL, Ini Alasannya

Yang unik, ia berwujud gadis remaja berusia 16 tahun. Khan juga beragama Islam, dan tinggal bersama keluarganya yang Pakistan di New Jersey, Amerika. Hanya saja, ia tak berjilbab. Rencananya, Khan memulai debutnya sebagai superhero Marvel, Januari mendatang.

Seperti superhero yang lain, Khan juga memiliki kekuatan super. Ia mampu memanjangpendekkan lengan dan kakinya, serta mengubah tubuhnya. Sebelumnya, karakter Ms Marvel dimiliki sosok Carol Danvers. Dalam masa Khan, ia diceritakan mengagumi Ms Marvel itu.

Kutukan Sungkyunkwan Scandal: 5 Pemerannya Terjerat Kontroversi Bertubi-tubi!

Bukan tanpa alasan karakter unik Khan diciptakan. Marvel sengaja menampilkan identitas Muslim untuk mencerminkan keberagaman pembacanya.

“Penting untuk mengisahkan perubahan dunia tempat kita tinggal. Menjadi Muslim-Amerika adalah bagian dari itu,” kata Sana Amanat, editor yang juga mengerjakan Ultimate Spider-Man dan Ultimate X-Men.

Bulu Mata, Salah Satu Kunci Penampilan Kris Dayanti

Baginya, karakter itu penting untuk menggali perspektif Muslim di Amerika. “Ini soal gadis muda yang mencari tahu siapa dirinya dan apa yang terjadi saat hal-hal luar biasa menghampirinya,” Amanat melanjutkan, seperti dilansir laman Reuters.

Asal Mula

Ide itu sendiri bermula saat Amanat mengobrol santai dengan editor seniornya, Steve Wacker. Ia menceritakan kisah hidupnya sebagai perempuan Muslim di Amerika. Rupanya, Wacker tertarik.

Esok harinya, Wacker kembali menghampiri Amanat.

“Bukankah menarik jika kita memiliki superhero untuk anak-anak yang masa kecil dan remajanya sepertimu? Kita harus menciptakan karakter yang dapat menginspirasi mereka,” kata Wacker.

Ia lantas mengumpulkan tim. Penulis G. Willow Wilson yang seorang mualaf dan artis Adrian Alphona termasuk di dalamnya. Wilson mulai membentuk karakter Khan. Ia berusaha memolesnya senatural mungkin, agar orang-orang bisa merasa sangat terhubung dengannya.

Setelah 18 bulan bekerja, akhirnya karakter Khan terbentuk. Ia seorang remaja putri yang cemas, bingung, dan merasa asing. Khan terhimpit antara harapan orangtua dan masalah di sekolahnya. Di tengah itu semua, ia mendadak mendapatkan kekuatan super.

Kata Wilson, karakter itu dipersembahkan untuk gadis-gadis pecandu dan orang-orang yang pernah merasakan kehidupan jalanan.

Sesungguhnya, Khan bukan karakter Muslim pertama di dunia superhero. Ada seorang wanita muda Afganistan bernama Debu dalam buku populer X-Men. Ia seorang mutan dengan kemampuan memanipulasi pasir serta debu.

DC Comics juga memiliki Nightrunner, pahlawan muda Muslim asal Aljazair yang besar di Paris. Namun, Khan bisa dibilang superhero remaja Muslim pertama dalam sejarah komik itu. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya