Potret Kecelakaan Pesawat dalam Film Hollywood (I)

Anne Hathaway dalam film Passengers (2008)
Sumber :
  • TriStar Pictures

VIVAlife - Belasan hari hilang, pesawat Malaysia Airlines MH370 belum diketahui rimbanya. Berbagai teori mengiringi pencarian pesawat itu. Mulai pembajakan, kesalahan teknis, sampai pilot bunuh diri.

Fakta soal MH370 mengingatkan masyarakat akan beberapa film yang mengisahkan kecelakaan pesawat. VIVAlife merangkum beberapa film dengan kisah serupa, mengutip dari berbagai sumber.

Non Stop (2014)

10 Lahan Terlantar yang Paling Menakjubkan di Bumi Saat Ini

Di tengah penerbangan London ke New York, US Air Marshal Bill Marks (Liam Neeson) menerima pesan teks ancaman. Disebutkan, orang-orang di pesawat akan meninggal 20 menit sekali. Kecuali, ada uang US$150 juta yang ditransfer ke rekening bank tertentu.

Awalnya Bill tak peduli, sampai tiba-tiba ada penumpang yang benar-benar meninggal. Kapten pesawat keracunan. Apalagi kemudian diketahui, rekening bank si peneror ternyata atas nama Bill sendiri.

Ia diduga kuat sebagai pembajak pesawat itu. Bill pun harus berjuang membersihkan namanya, menangkap pelaku, sekaligus menyelamatkan seluruh penumpang dan awak pesawat.

Ironisnya, Bill tak dipercaya penumpang. Pelanggar protokol justru meyakinkan para penumpang bahwa ia bukan bermaksud menyelamatkan.

Akhirnya pesawat berhasil mendarat darurat di sebuah pangkalan udara Islandia. Pesawat rusak, bom di dalamnya telah meledak. Namun, tidak ada korban jiwa. Bill pun digadang-gadang jadi pahlawan.

Flight (2012)

Whip Whitaker (Denzel Washington) dianggap sebagai pahlawan saat ia berhasil mendaratkan pesawat secara darurat. Ia menyelamatkan ratusan penumpang dari bencana akibat kerusakan pesawat.

Namun, peneliti kemudian menemukan tubuh Whip ternyata mengandung alkohol. Rupanya, malam sebelum ia menerbangkan pesawat, Whip kurang tidur. Ia baru saja pesta seks dengan seorang wanita, minum alkohol, dan mengonsumsi narkotika.

Di tengah penerbangan, ia bahkan memilih tidur dengan mencampurkan vodka ke dalam jus jeruknya. Whip baru terbangun saat pesawat menukik curam. Refleks, ia mengambil alih kemudi pesawat.

Tindakannya itu memang menyelamatkan tragedi. Namun dalam sidang, Whip mengakui dirinya tengah mabuk. Dua botol kosong vodka di tempat sampah pesawat menjadi buktinya. Ia pun akhirnya dipenjara.

The Grey (2011)

Barikade 98 Ajukan Amicus Curiae, Minta Hakim MK Putuskan Sengketa Pilpres Secara Adil

John Ottway (Liam Neeson), seorang pemburu serigala berniat bunuh diri di hari terakhir pekerjaannya. Keesokan harinya, pesawat yang membawa John dan timnya kecelakaan di tengah badai salju.

Di ambang batas kesadarannya, John melihat visi istrinya yang meminta bertahan hidup. John pun terbangun, dan mendapati rekan-rekannya terluka parah.

John yang sebelumnya begitu ingin mati, mendadak mendapat kekuatan untuk tetap bertahan. Ia mencoba menyelamatkan rekannya satu per satu, namun tak bisa. Ia lalu berencana membawa dompet-dompet mereka kepada orang tercinta, sebagai kenangan terakhir.

Di tengah badai salju yang dingin dan basah, John berjuang. Nyawanya juga diintai sekelompok serigala. Namun akhirnya, ia berhasil selamat dari kecelakaan pesawat yang membuatnya terdampar seorang diri itu.

Passangers (2008)

Pesawat yang ditumpangi Anne Hathaway dan Patrick Wilson kecelakaan. Turbulensi hebat menyebabkan mereka jatuh ke laut. Para penumpang berhamburan. Puing-puing pesawat berserakan.

Meski parah, Anne dan Patrick selamat dari kecelakaan itu. Anne bahkan menjadi psikoterapis atas kecelakaan itu. Namun, ia mengalami banyak kejadian aneh. Begitu pula dengan Patrick.

Anne berkesimpulan, orang-orang bersekongkol menutupi sesuatu soal kecelakaan pesawat itu darinya. Namun akhirnya ia menyadari, sebenarnya tak pernah ada yang selamat dari kecelakaan itu.

Anne dan Patrick, termasuk korban meninggal. Selama ini, orang-orang di sekitarnya hanya roh yang berupaya menuntun jalan Anne yang tak menyadari nyawanya telah melayang. Kehidupannya selama ini, ternyata palsu. (umi)

Bersambung...

4 Kejanggalan Pembangunan Masjid yang Diinisiasi Daud Kim, Ternyata Tanahnya Belum Hak Milik ?
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor saat berkunjung di SMPN 2 Tanggulangin. (Istimewa)

Alasan Sakit, Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Mangkir Panggilan KPK

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor atau Gus Muhdlor tidak memenuhi panggilan KPK pada Jumat, 19 April 2024, sebagai saksi dalam kasus korupsi pemotongan insentif ASN

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024