Dena Rachman Jalani Operasi Plastik di Korea Selatan

Dena Rachman dan Merlyn Sofjan di Acara SOS ANTV
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAlife - Selama sebelas hari, Renaldy Rachman alias Dena Rachman berada di Seoul, Korea Selatan. Kedatangan Dena di sana bukan untuk liburan atau jalan-jalan, tetapi menjalani operasi plastik di sebuah klinik.

Menkes: Kalau Mau Mencapai Indonesia Emas 2045, Masyarakat Harus Sehat dan Pintar

Dena yang dulu dikenal sebagai artis cilik itu, kini berubah menjadi seorang wanita. Dena mengakui jika dia adalah transgender dan telah meninggalkan identitas lamanya sebagai pria.

"Aku diberikan kesempatan untuk plastic surgery, breast implant," kata Dena saat dijumpai di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa, 14 Oktober 2014.

Dena menceritakan, selama dua jam, dia berada di ruang operasi. Ia mengaku tak sadarkan diri sampai keesokan harinya.

Setelah operasi, Dena puas setelah melihat adanya perubahan besar dalam dirinya. Dena yang sejak remaja berjenis kelamin laki-laki itu kini memiliki buah dada.

"Operasinya berjalan sukses, everything went well. Semua sukses dan memuaskan. Begitu aku sadar (siuman) perban dibuka dan luka dibersihin, dan aku dikasih obat untuk dikonsumsi selama satu bulan ke depan," cerita Dena.

Bagi Dena, langkah besar untuk mengambil keputusan ini bukanlah suatu hal gegabah. Dena merasa yakin dengan pilihannya dan setelah melakukan operasi implan payudara, ia merasa jauh lebih nyaman.

"Ini langkah pencarian jati diri seorang Dena Rachman yang saya rasakan sejak lahir. Step by step momen hidup saya untuk jadi orang yang lebih baik lagi," kata dia.

Ilustrasi anak-anak.

Global Action Needed to Protect Children from Lethal Explosive Weapons

UNICEF Deputy Executive Director Ted Chaiban emphasized the huge impact on children, saying children can feel the pain in all aspects of their lives.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024