Biaya Produksi Film Filosofi Kopi Senilai Rp10 Miliar

Gala Premiere Filosofi Kopi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Shalli Syartiqa

VIVA.co.id - Dalam memproduksi sebuah film layar lebar, biaya produksi merupakan salah satu hal yang perlu dipikirkan oleh seorang produser untuk merealisasikannya. Walau biaya produksi mahal, bukanlah jaminan jika film tersebut akan laris di industri perfilman Nasional Tanah Air.

Meski begitu, biaya tinggi dapat mengibaratkan keseriusan dari sang pembuat karya film tersebut. Sehingga, hal itu dapat memberikan ekspektasi yang beragam dari penikmat film.

Film yang diadaptasi dari cerita pendek berjudul 'Filosofi Kopi' karya Dewi 'Dee' Lestari ini digarap secara rinci. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan cerita serta latar belakang, tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Sutradara Tantang Penonton Tulis Cerita Sekuel Filosofi Kopi

Lantas, berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat 'Filosofi Kopi'?

"Kalau produksi, kira-kira sekitar Rp10 miliar. Itu, termasuk produksi dan promosi," jelas Sutradara film, Angga Dwimas Sasongko, saat ditemui di kawasan Epicentrum, Jakarta Selatan, Selasa 7 April 2015.

Selain itu, demi menunjukkan latar belakang yang mendukung, Angga pun membangun sebuah kedai kopi permanen di kawasan Blok M Square, Jakarta. Kedai itulah yang digunakan para pemain untuk meracik setiap kopi yang penuh dengan filosofi.

Angga mengungkapkan bahwa film garapannya kali ini cukup unik. Sebab, dia mengusung 'user generated movie', yaitu masyarakat dapat ikut menentukan properti apa saja yang akan digunakan di dalam film.

Tentu, hal tersebut bukanlah perkara yang mudah dan murah. Apalagi, tim 'Filosofi Kopi' membuat aplikasi berbasis internet di ponsel pintar. agar masyarakat bisa berinteraksi menentukan properti yang diinginkan.

"Kita sempat mengecat mobil jadi warna putih, karena nggak ada yang warna putih. Warna putih dipilih langsung secara voting oleh calon penonton (melalui aplikasi di ponsel pintar)," ujar Angga, dengan rasa bangganya bisa bekerja sama dengan tim yang solid.

Dengan biaya produksi terbilang tinggi untuk sebuah film drama, Angga memiliki impian tersendiri akan jumlah penonton yang bakal diraup film ini.

"Target penonton, kalau kayak 'Habibie & Ainun' bisa juga," jelas sutradara yang juga memproduksi film 'Cahaya Dari Timur: Beta Maluku'.

Film produksi Visinema Picture ini, bercerita tentang dua orang sahabat, Ben (Chicco Jerikho) dan Jody (Rio Dewanto) yang membangun sebuah kedai bernama 'Filosofi Kopi' di Jakarta. Dalam film in,i tidak hanya bercerita soal kopi, tetapi tentang pencarian jiwa dan perjalanan berdamai dengan masa lalu melalui kopi.

Tidak hanya Chicco, Rio dan Julie, beberapa pemain pendukung seperti Jajang C. Noer dan Slamet Rahardjo juga ikut terlibat dalam film yang dijadwalkan segera tayang diseluruh bioskop Indonesia pada 9 April 2015 mendatang. (asp)

![vivamore="Baca Juga :"]

Belum Ada Cerita dari Sekuel Filosofi Kopi
[/vivamore]
Rio Dewanto

Rio Dewanto Ingin Buat Film Indonesia Berkualitas

Rio Dewanto menjadi produsen sekuel kedua Filosofi Kopi.

img_title
VIVA.co.id
19 Februari 2016