'Penghargaan untuk Seniman di Indonesia Sangat Rendah'

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Fadli Zon
Sumber :

VIVA.co.id - Banyaknya musisi juga seniman Tanah Air yang memiliki kehidupan tak layak di usia tua, membuat politisi Fadli Zon berpikir untuk membentuk sebuah regulasi yang bisa melindungi para seniman agar bisa hidup layak hingga usia senja.

Ia menilai, kehidupan seniman termasuk para musisi harus dilindungi dan didukung dengan berbagai macam regulasi termasuk juga royalti. Ada banyak alasan menurutnya, yang membuat negara harus memberikan aprsesiasi untuk para seniman Indonesia.

"Karena mereka membawa nama bangsa dan mereka adalah aset bangsa," katanya di sela melayat almarhum Ireng Maulana, di Rumah Duka, Rs Dharmais, Jakarta, Minggu, 6 Maret 2016.

Kalau di luar negeri, lanjutnya,  penghargaan musisi dan pelaku seni sangat tinggi. Namun, dia menyayangkan, di negara ini, penghargaan untuk para seniman justru sangat rendah.

"Tidak hanya di musik tapi di sastra dan seni rupa juga demikian. mereka membuat pekerjaan sendiri, membayar pajak sendiri, seharusnya ada satu penghargaan dan sebuah regulasi yang bisa melindungi kepentingan seniman dan budayawan ini sehingga mereka bisa hidup selayak - layaknya."

Jokowi Marah hingga Ancaman Reshuffle, Salah Siapa?
Ilustrator Indonesia, Hardthirteen.

Kolaborasi Unik Ilustrator Hardthirteen, Dobrak Batasan Seni Grafiti

Indonesia punya begitu banyak anak-anak muda berbakat yang berpotensi untuk dikenal dunia lewat karya-karyanya. Salah satunya adalah Hardthirteen.

img_title
VIVA.co.id
24 September 2021