Anjing Pintar Ini Bisa Deteksi Kadar Gula Darah

Anjing jenis tertentu mampu deteksi kanker secara akurat 100 persen
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Seekor anjing jenis labrador memiliki kemampuan unik. Anjing peliharaan bernama Hero ini dilatih khusus agar dapat mendeteksi diabetes. Ia ditugaskan untuk menjaga gadis kecil bernama Sadie yang mengidap down syndrome dan diabetes tipe satu.

5 Dampak Buruk Jarang Scaling Gigi: Bisa Picu Penyakit Jantung hingga Diabetes

Dengan indra penciumannya yang tajam, ia akan memberitahu orang tua Sadie bagaimana kondisi gula darah putri mereka. Hero mampu mendeteksi kadar gula darah melalui perubahan bau badan yang terjadi pada Sadie ketika kadar gula darahnya berubah.

Ketika kadar gula darah Sadie sagat rendah, Hero akan menggonggong pada orang tua Sadie dan mengangkat kaki kirinya. Sebaliknya, jika kadarnya sangat tinggi ia akan mengangkat kaki kanannya.

5 Buah Manis yang Berbahaya Bagi Penderita Diabetes, Apa Saja?

Dilansir dari laman Metro.co.uk, hubungan antara Sadie dan Hero semakin terlihat sangat erat pada Desember tahun lalu. Hero sedang berada di rumah dan Sadie berada di sekolahnya yang berjarak delapan kilometer dari rumah.

Saat itu, Hero mulai berperilaku seolah-olah kadar gula darah Sadie menurun. "Hero biasanya sangat tenang, namun saat itu ia terus menggonggong tanpa henti," kata ibu Sadie, Michelle Brooks.

5 Manfaat Puasa untuk Penderita Diabetes, Pengelolaan Gula Darah yang Efektif

Saat itu, Michelle tidak yakin dengan tanda-tanda yang diberikan Hero. Namun, akhirnya ia memutuskan untuk menelepon pihak sekolah untuk memastikan keadaan putrinya. Pihak sekolah mengatakan bahwa Sadie baik-baik saja, tetapi setengah jam kemudian kadar gulanya menurun.

Guru Sadie, Caroline Knadler, yang juga mengidap diabetes tipe satu tidak percaya dengan kemampuan anjing tersebut yang bisa mencium bau majikannya dari jarak yang sangat jauh.

Bahkan, pelatih Hero, KC Owens juga tidak percaya akan hal itu. "Aku tidak bisa menjelaskannya. Itu seperti naluri seorang ibu. Anjing ini punya kemampuan yang tidak dapat kita mengerti," kata Owens.

"Kami tak dapat menjelaskan bagaimana ini terjadi. Kami merasa beruntung. Ia anjing yang sangat mengagumkan bahkan tanpa kemampuan itu sekalipun. Ia benar-benar anjing yang tepat untuk Sadie," tulis Michelle di akun Facebooknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya