Joey Alexander di Mata Musisi Jazz Kawakan Indonesia

Dwiki Dharmawan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putri Firdaus

VIVA.co.id – Konser akbar pianis muda Tanah Air, Joey Alexander yang dihelat pada Minggu malam, 22 Mei 2016 di JIExpo Kemayoran banyak membuat penasaran berbagai pihak termasuk musisi-musisi jazz senior Indonesia. Dwiki Dharmawan, musisi jazz kawakan Tanah Air tampak hadir saat konser tadi malam.

Cara Once Mekel Meningkatkan Apresiasi Terhadap Musik Daerah

Dwiki mengaku bangga dengan prestasi Joey yang sempat mengenyam sekolah pendidikan musik di Lembaga Pendidikan Musik Farabi. "Bangga melihat anak Indonesia luar biasa seperti itu. Kebetulan juga kalau tidak salah pernah cukup lama di sekolah kita, baik di Bali atau di Jakarta," kata Dwiki saat ditemui sebelum konser berlangsung.

Musisi kelahiran 1966 tersebut penasaran melihat penampilan Joey, musisi yang masuk dalam nominasi dalam Grammy Awards.

Once Mekel Menyuarakan Nasionalisme Lewat Festival Kebangsaan

"Pokoknya malam ini saya ingin liat penampilannya setelah Joey merilis album dan dinominasikan di Grammy Awards dan akan untuk pertama kalinya diiring dua musisi senior," kata dia.

Sebelumnya, Dwiki pernah beberapa kali bertemu dengan Joey. Dwiki menyatakan kekagumannya terhadap pianis berusia 12 tahun tersebut.

Rayakan Hari Kebangkitan Nasional, Once sampai Sujiwo Tejo Gelar Cara di UNS Solo

"Saya terakhir liat Joey dua atau satu setengah tahun yang lalu sebelum dia ke Amerika Serikat sudah sangat luar biasa dan mencengangkan. Tentu saya lebih penasaran lagi untuk melihatnya segera," ujar Dwiki.

Joey mulai dikenal dunia sejak berhasil menjadi nominasi termuda di ajang penghargaan bergengsi Grammy Awards 2015 lalu. Dia mendapat dua nominasi Grammy, yaitu Best Jazz Instrumental Album (Album Instrumental Jazz Terbaik) dan Best Improvised Jazz Solo (Improvisasi Jazz Solo Terbaik).

Musisi jazz berusia 12 tahun kelahiran Denpasar, Bali, tersebut pertama kali tampil di publik ketika diundang UNESCO di Jakarta pada 2011. Kemudian, tiga tahun kemudian, dia tampil di gedung Jazz at Lincoln Center, New York. Setelah itu, dia sering tampil di berbagai festival jazz dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya