Anggun Cipta Sasmi: Nasionalisme Bukan Hanya Paspor

Penyanyi Anggun Cipta Sasmi.
Sumber :
  • Instagram @anggun_cipta

VIVA.co.id - Penyanyi pop Anggun Cipta Sasmi sudah menjadi warga negara Prancis sejak lama. Namun wanita kelahiran Jakarta pada 29 April 1974 itu tetap memilih Indonesia sebagai kampung halamannya.

Kabar Terbaru Anggun, Ikut Terlibat dalam Broadway Legendaris 

Bagi Anggun, rasa cintanya kepada Tanah Air bukan diukur dari sekadar paspor atau berbusana batik, tapi juga melalui jiwa nasionalis.

"Buat aku, nasionalisme itu bukan hanya diukur dari atribut dan busana kita. Bukan juga hanya diukur dari apakah kita punya paspor Indonesia dan pakai baju batik, tapi bagaimana hati kita mencintai dan berusaha berbuat untuk bangsa kita," ujar Anggun saat ditemui dalam acara produk kecantikan di Mall Central Park, Jakarta, pada Kamis, 18 Agustus 2016.

Anggun Tampil Memukau di Champs Elysees Paris Pada Malam Tahun Baru

Pelantun lagu Mimpi itu mengaku prihatin saat melihat generasi muda yang sudah mulai luntur semangat nasionalismenya akibat tergerus perkembangan zaman. "Mereka lebih bangga bergaya kebarat-baratan dan berperilaku seperti orang bule. Padahal sebenarnya dirinya berakar dari Indonesia.”

Bahkan, Anggun mengaku salut dengan orang asing yang ternyata bisa memahami dan menyukai budaya Indonesia. "Kalau seperti ini, apakah nasionalisme itu hanya bisa diukur dari atribut dan warna kulit, kan enggak," ujar dia.

Rilis Lagu Kolaborasi Bareng Produser Australia, Ini Fakta-fakta Angus Wonderland

(ren)

Anggun C.Sasmi

Anggun Cetak Sejarah Usai Jadi Bintang Tamu di The Voice Kanada, Suaranya Menggelegar Seisi Ruangan

Meskipun tidak lagi di Indonesia, nama Anggun masih ukir prestasi di kancah internasional. Baru-baru ini ia kembali mengukir sejarah musik Indonesia dengan penampilannya.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024