Mengenal Keindahan Batik Kota Kretek

busana batik Kudus
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Batik merupakan salah satu warisan budaya dunia yang harus dijaga keberadaannya. Ada banyak jenis batik dengan berbagai motif dan filosofinya masing-masing.

Di Balik Keindahan Batik Kudus Ada Makna Ini

Bahkan setiap motif batik memiliki sejarah di tempat batik tersebut berasal. Akibatnya, motif batik memiliki daya tarik dan nilai seni tinggi bagi para penggemar batik.

Salah satu batik yang memiliki ketenaran di berbagai kalangan adalah batik Kudus. Perlu diketahui bahwa teknik dan motif batik dari Kudus dipengaruhi tiga budaya, yakni China, Arab, dan Jawa yang kental.

Keindahan Batik Kudus dalam Busana Syar'i

Budaya China pun memiliki batik peranakan berciri khusus. Sementara perpaduan budaya Arab menghasilkan batik kaligrafi yang didominasi warna gelap, seperti biru tua dan hitam.

Perpaduan budaya yang beragam ini, menghasilkan batik pesisir dengan isen-isen (isian pola utama) yang rumit. Beberapa di antaranya, gabah sinawur (taburan gabah), moto iwak (mata ikan), dan mrutu sewu (seribu serangga).

Habib Bahar Ngaku Pernah Didekati Artis Cantik hingga Diajak Menikah: Dia Mau Jadi Istri Kedua

"Selain dilihat dari keindahannya, batik Kudus memiliki filosofi, yaitu gebyok turonggo mulyo, artinya ajaran nilai kebaikan sekecil apapun yang kita lakukan pasti akan bermanfaat. Selain itu, batik Kudus lebih condong ke batik pesisiran dengan kerumitan dengan isen-isennya," ujar Miranti H Serad, pemilik Galeri Batik Kudus saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Kamis, 1 September 2016.

Dia menambahkan, batik Kudus dikenal dengan warna sogan (kecoklatan) bercorak tombak, kawung dan parang yang juga dihiasi dengan buketan (rangkaian bunga) dengan imbuhan pinggiran lebar, taburan kembang, kupu-kupu dan burung dengan warna cerah.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya