Banyak Keluarkan Lagu Cinta, Idealisme Iwan Fals Luntur?

Iwan Fals
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bimo Aria

VIVA.co.id – Penyanyi legendaris Iwan Fals seolah tak bisa lepas dengan lagu-lagu ciptaannya yang sarat akan kritik sosial dan tajam ke pemerintah. Namun, belakangan Iwan terbilang jarang mengeluarkan lagu bernuansa kritik dan justru lebih bertema percintaan.

Kritikan dalam Lagunya Tak Sepedas Dulu, Iwan Fals: Sekarang Giginya Sudah Habis

Saat ditanya, apakah ia mulai jenuh dan idealismenya mulai luntur hingga tak pernah lagi mengeluarkan lagu kritik sosial, ia menjawab santai.

"Pertama-tama saya enggak jenuh. Soal lagu, tahun 81 saya pernah ciptakan Kemesraan, Kumenanti Seorang Kekasih, 22 Januari itu lagu-lagu jauh sebelum reformasi. Ya sebagai manusia biasa saya juga tidak bisa lepas dari persoalan cinta," katanya saat menggelar jumpa pers menjelang konsernya yang bertajuk Merayakan Karya Iwan Fals di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat, 2 September 2016.

Saat Iwan Fals Mengenang Glenn Fredly Lewat Konser Tanda Mata

Ia mengatakan bahwa semua mengalir begitu saja. Ia tidak pernah merasa mengkhususkan diri tampil sebagai penyanyi yang melulu menyampaikan nuansa kritik di lagunya.

"Saya berkeluarga, berteman, saya membuat lagu protes, tapi sesungguhnya saya tidak pernah mengkhususkan mengkritisi. Saya merasa ada yang tidak cocok saya tulis, hanya kebetulan tema seperti Wakil Rakyat,  Bongkar, dan Serdadu, persoalan itu yang menarik sekarang ini," jelasnya.

Latihan Band Hingga Olahraga Karate Jadi Rutinitas Iwan Fals dalam Persiapan Manggung

Ia mengatakan bahwa semua itu tidak ada hubungannya dengan lunturnya idealisme.

Seperti diketahui, Iwan akan menggelar konser yang bertepatan pada ulang tahunnya yang ke-55 pada tanggal 3 September 2016. Konser itu akan digelar di Pantai Karnaval Ancol, Jakarta Utara.

Natasha Rizky

Desta Salting Saat Ditanya Soal Rujuk, Natasha Rizky Beri Respons Begini

Natasha Rizky memberi respons terkait video viral Desta salting saat membahas mengenai kemungkinan rujuk dengan dirinya

img_title
VIVA.co.id
7 Desember 2023