Menurut Zaskia Sungkar, Burkini Tidak Syar'i

Burkini rancangan Carena West
Sumber :
  • instagram.com/stylie_kylie

VIVA.co.id – Munculnya pelarangan mengenakan burkini yakni busana renang yang menutup sekujur tubuh kecuali wajah, telapak tangan dan telapak kaki di sejumlah kota di Prancis, menimbulkan banyak persepsi dari berbagai pihak termasuk desainer busana muslim Indonesia.

Kondisi Terkini Irwansyah, Jatuh dari Kuda Hingga Patah Tulang

Beberapa desainer banyak yang berpendapat bahwa busana tersebut belum syar'i dan tidak sesuai dengan kaidah berbusana muslim yang baik (yang identik dengan khimar yang menutup sampai dada). Busana renang tersebut masih tampak menonjolkan lekukan tubuh.

Desainer busana muslim Mila Meilasari mengatakan bahwa burkini belum tepat digunakan untuk perempuan muslimah. Wanita yang berbukini sama halnya dengan mengobral atau membiarkan lekuk tubuhnya dilihat yang bukan muhrimnya.

Sambil Menitikan Air Mata, Zaskia Sungkar Kenang Ketulusan Shireen

"Kalau menurut aku perempuan itu kan harus menjaga kehormatan, harga diri,  kekayaan yang dia miliki dan menggunakan itu (burkini) berarti dia dalam tanda kutip telah mengobral. Sekarang ini pun telah banyak busana renang yang didesain dengan sangat baik untuk menutup aurat dan bebas bergerak jadi aku bilang burkini tidak tepat digunakan," ujar Mila Meilasari, Desainer Zuikaffah saat ditemui VIVA.co.id di kawasan Jakarta Pusat Jumat, 2 September 2016. 

Dia menambahkan bahwa sebaiknya para muslimah gunakanlah busana renang yang layak. Sebab burkini bukanlah busana renang yang tepat baik secara agama maupun budaya lokal.

Kisah Elly Sugigi Pernah Berikan Anaknya kepada Tukang Sayur

Sama halnya dengan Zaskia Sungkar yang mengatakan bahwa burkini tidak tepat digunakan untuk perempuan muslimah. Di temui VIVA.co.id di lokasi terpisah pada Minggu 4 September 2016, istri dari Irwansyah ini menyarankan untuk menggantinya dengan kaus yang tidak ketat dan tidak berbentuk tubuh atau berbahan jersey ketika berenang.

Wanita 25 itu mengatakan bahwa selain tidak pantas dikenakan, burkini tampaknya juga tidak nyaman dikenakan karena terlalu ketat. Sehingga membuat seseorang sulit bergerak saat berenang.

"Namanya orang berenang haruslah fleksibel. Jujur aku nggak punya baju renang yang muslimah jadi aku mensiasati dengan busana yang nggak ketat dan berbahan kaus atau jersey," kata Zaskia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya