Inspirasi Wayang Jawa Berbalut Busana Muslim

Koleksi terbaru Zuikaffah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan

VIVA.co.id – Desainer busana muslim Mila Meilasari menampilkan koleksi terbaru untuk labelnya yakni Zuikaffah. Namun ada yang unik dalam koleksi terbarunya kali ini, yakni dengan mengangkat tema Umayi Java Devi.

Tampil Apik, Model Cilik Tiara Annisa Aryani Sukses Pamerkan Karya Desainer Terbaik

Menampilkan 12 koleksi terbaru, inspirasi Umayi sendiri diambil dari dongeng pewayangan Jawa, dimana Dewi Umayi digambarkan sebagai sesosok perempuan yang memiliki kekuatan, memiliki kecerdasan, memiliki berbagai ilmu tinggi, dan terkenal sangat sakti, tapi Dewi Umayi tetaplah sesosok wanita yang rendah hati. 

Koleksi-koleksi terbaru dari Zuikaffah ini menggambarkan pesan mengenai seorang muslimah yang memiliki banyak kecerdasan, ilmu yang mumpuni dalam agama, juga ilmu yang mumpuni dalam kehidupan di dunia. 

Peragaan Busana Victoria Beckham di Paris Fashion Week diganggu Pengunjuk Rasa Hak-hak Binatang

Namun di sisi lain, perempuan tetap harus menjalankan kodratnya. Perempuan yang memegang peranan penting dalam kehidupan berkeluarga, terutama dalam mendidik anak-anaknya. Tema Umayi Java Devi ini diangkat dengan mengedepankan garis-garis desainnya yang memadukan antara feminin dengan maskulin. 

"Kali ini Zuikaffah mengangkat koleksi Umayi Java Devi karena saya ingin menunjukkan perempuan bisa kuat tapi dia juga anggun dan setiap perempuan mampu memiliki ilmu yang tinggi tanpa melupakan kodratnya. Terlihat dari koleksinya sendiri dengan memadukan siluet feminin dan maskulin," ujar Mila Meilasari, Desainer Zuikaffah kepada VIVA.co.id.

Peragaan Busana Kolaborasi Antara CCI dan Desainer Indonesia Jadi Sorotan di Cotton Day 2023

Mila menambahkan bahwa untuk menggambarkan feminisme dalam desainnya digunakanlah bahan-bahan tambahan seperti brukat dan bunga buatan tangan yang bersifat anggun dan cantik. Sementara untuk menggambarkan maskulinitas dalam desainnya digunakan bahan-bahan tambahan seperti kulit yang bersifat tegas dan kuat. 

Desain-desain dari koleksi ini juga dibuat sederhana sehingga bisa digunakan oleh perempuan dari berbagai kalangan usia. Koleksi ini hadir mulai dengan tampilan yang kasual hingga mengarah kepada tampilan yang semi-formal. 

Tema Umayi Java Devi ini menggunakan batik dari Jawa seperti motif lereng juga motif Kawung yang menjadi ciri khas dari Zuikaffah. Untuk menambah kesan modern, sang desainer juga mengolaborasikan desain dasar dengan bahan brukat juga bunga buatan tangan yang memiliki warna senada.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya