Perusahaan Global Ikut Berlomba Produksi Kosmetik Halal

Ilustrasi kosmetik/make-up.
Sumber :
  • Pixabay/Schweiz

VIVA.co.id – Sebagai salah satu negara dengan populasi terbesar di dunia, Indonesia menjadi target pasar yang paling menggiurkan bagi produsen global. Apalagi, masyarakat Indonesia dikenal konsumtif, sehingga membuat banyak perusahaan melirik negeri ini.

Pentingnya Label Halal dalam Bisnis Produk Kosmetik

Sebagai populasi Muslim terbanyak di bumi, perusahaan kosmetik global mengincar konsumen Muslim. Bahkan, beberapa produsen kosmetik terbesar di dunia membuat produk kecantikan halal demi memenuhi regulasi halal yang diwajibkan.

Dan Unilever, Beiersdorf, dan L'Oreal adalah perusahaan multinasional yang mengonversi rantai pasokan mereka untuk negara mayoritas Muslim terbesar ini. Perusahaan-perusahaan itu menyatakan, permintaan untuk produk-produk kecantikan halal bersertifikasi terus meningkat.

Jatuh Bangun Nurhayati Subakat Bangun Perusahaan Kosmetik Halal

Dikutip dari Reuters, sertifikasi halal adalah pengakuan resmi bahwa produk diproduksi sesuai dengan hukum syariah Islam. Artinya, produk tidak boleh mengandung babi, alkohol atau darah. Salah satu produsen kosmetik dan perlengkapan mandi menyatakan bahwa ini adalah potensi pasar baru.

"Ini sebuah peluang untuk melakukan bisnis di wilayah tertentu di dunia," kata Dirk Mampe dari BASF, perusahaan kimia asal Jerman, yang menjual bahan-bahan untuk produsen perlengkapan mandi dan telah memiliki 145 sertifikat halal.

17 Negara Ikuti Pelatihan Sistem Jaminan Halal di Bali

Menurut dia, bahan-bahan halal tidak membuat harga menjadi mahal. Dia mengatakan bahwa tren produk halal terus meningkat, sehingga perusahaannya terus menambah pasokan.

Sementara perusahaan kosmetik raksasa Prancis, L'Oreal mengaku sudah memiliki pabrik bersertifikat halal di Indonesia, yang memasok pasar domestik dan negara tetangga di Asia Tenggara. Sebagian besar produk di bawah merek Garnier, mulai dari sabun wajah hingga krim pencerah kulit bersertifikat halal.

Sedangkan Unilever, yang memiliki lima dari 10 merek kecantikan dan perawatan pribadi di Indonesia menyatakan bahwa semua pabriknya sebanyak sembilan unit di Indonesia sudah memenuhi standar halal. Adapun sejumlah produk halal yang dikeluarkan, seperti pelembab tubuh yang cepat menyerap di bawah pakaian panjang, pasta gigi yang memberi kesegaran lebih lama saat berpuasa hingga sampo untuk pemakai hijab.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya