Santap Kuliner Oriental di 'Kantin' Bergaya Pop China Kuno

Salah satu hidangan di Fook Yew
Sumber :
  • Dok. Fook Yew

VIVA.co.id – Kuliner China telah lama akrab di lidah masyarakat Indonesia. Bahkan suasana oriental yang kental telah banyak diadoptasi oleh restoran di Jakarta.

Sejumlah Restoran China Bangkrut karena Warga Australia Takut Corona

Itulah sebabnya Fook Yew, restoran hidangan fusion Shanghai menawarkan suasana restoran yang berbeda, dengan kantin bergaya pop China kuno.

Saat melangkahkan kaki ke dalamnya, pengunjung langsung disambut dengan keberadaan kucing raksasa pengundang rezeki yang kalau di Jepang disebut maneki neko, dengan tulisan ‘Not made in China’, lengkap dengan hiasan bernuansa China seakan siap memanjakan pengunjung, tidak hanya lidah namun juga visual.

Banyak Restoran China Bangkrut karena Warga Australia Paranoid Corona

Konsep desain dan interior di dalamnya mengangkat beragam simbol budaya pop China, seperti zodiak China, sekolah kung-fu, pop art China dan masih banyak lagi. Terlebih dengan dibukanya cabang keempat Fook Yew di salah satu jantung kota Jakarta, yang terlihat lebih nyaman karena jendela besar yang langsung mengarah keluar.

Menu di restoran Fook Yew

Unik, Restoran Ini Bantu Pengunjungnya Mencari Jodoh

Selain mengenalkan varian baru hasil kreasi Shifu A Hong, Chef Eksekutif di restoran ini, untuk makan siang juga tersedia paket hemat yang bisa dipilih untuk berdua atau berempat, dengan harga mulai dari Rp110 ribu per orang.

Terdapat tiga menu baru, dan satu menu yang meskipun tidak baru lagi, namun cara penyajiannya merupakan hal baru di sini. Ketiga menu tersebut adalah Yin Yang Spicy Fried Rice, nasi goreng yang disajikan dengan remahan rengginang, agar tetap bisa merasakan renyahnya rice crackers atau, "d isini lebih dikenal dengan nama rengginang," kata Cynthia Vinynda, Marketing and Promotion Fook Yew, di Pacific Place, Jakarta yang ditemui beberapa waktu lalu.

Hidangan baru kedua adalah nasi goreng Xiao Gan Olive, yang dibuat dengan tambahan buah zaitun hitam di dalamnya.

“Nasi goreng olive belum pernah ada, dan saat di-tester, Shifu mencoba menggunakan black olive, juga seawed di dalamnya, ternyata lezat,” kata Cynthia.

Salah satu hidangan di Fook Yew

Yang tak kalah lezat dan wajib coba adalah Peanut Butter Sheng Jian Bao. Hati-hati saat makan pao atau roti hitam manis berisi kacang yang ditumbuk kasar ini. Isinya sepintas mirip dengan isi bola ronde. Karena cair dan berkuah, sebaiknya tusuk sedikit pao hitam, untuk mengeluarkan sedikit airnya, dan biarkan sisanya meleleh di dalam mulut.

Hal yang sama pun berlaku untuk Chicken and Prawn Sheng Jian Bao, disajikan dengan kuah di dalamnya, pao berisi ayam dan udang ini sungguh lezat ketika kuahnya lumer di lidah.

Sedangkan menu lama yang disajikan dengan cara baru adalah Crispy Hor Fun with Beef in Douchi Sauce. Saat pertama datang, hidangan ini tampak seperti tumpukan kerupuk dalam sebuah mangkuk besar. Namun, ternyata akan ada seorang pelayan yang menuangkan kuah douchi atau saus fermentasi kedelai hitam di atas Hor Fun.

Tunggu sebentar dan aduk rata, karena di bagian bawahnya terdapat kejutan lain, yaitu daging yang sangat lezat bila dikonsumsi bersama dengan Hor Fun.

Untuk minuman, jangan lupa memesan teh China di sini yang disajikan di dalam poci dan gelas bermotif oriental.

Fook Yew
Pacific Place, 5th Floor
Jam buka: 10.00-22.00 WIB
Kisaran harga: Rp28 ribu-Rp145 ribu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya