Tips Jadi Wirausaha Sukses dari Putra Jokowi

Akad Nikah Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Maulana Surya

VIVA.co.id – Sudah bukan rahasia lagi bahwa anak sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka memiliki beberapa usaha yang ia kembangkan sejak bertahun-tahun yang lalu. Ya, Gibran kini telah sukses menjadi seorang wirausaha muda. Ia memilih bisnis di bidang kuliner dengan membuka katering dan bisnis martabak yang ia namakan Markobar.

10 Hari Isoman, Gibran Masih Dinyatakan Positif COVID-19

Baginya, Indonesia membutuhkan banyak wirausaha yang mau membuka lapangan pekerjaan bagi orang banyak. Sejauh ini, Gibran pun memandang bahwa kondisi di negara Indonesia sudah cukup mendukung orang-orang untuk memulai usaha. Sayangnya, orang-orangnya ia nilai belum memiliki mental wirausaha.

“Iklimnya sudah mendukung. Tinggal orangnya saja. Orang-orang Indonesia kan banyak yang belum berani usaha, masih takut cari modal, takut bersaing dengan kompetitornya. Ya mental usahanya saja yang belum ada. Kalau saya lihat anak-anak sekarang lulus kuliah langsung jadi pegawai,” ujar Gibran saat menjadi bintang tamu di acara di tvOne, Minggu malam, 11 September 2016.

Dokter Kepresidenan Pantau Kondisi Gibran yang Terpapar COVID-19

Gibran pun memberikan tips dan saran mengenai mereka yang tengah berusaha menjadi wirausaha. Menurutnya, kegagalan seharusnya tidak membuat putus asa.

“Biasa orang gagal. Enggak semua warung saya ramai. Namanya pengusaha kan belajar dari kegagalan. Enggak masalah. Ya dicoba lagi. Kalau saya sih konsisten saja, misal buka martabak di mana, kalau sepi ya tutup. Buka lagi di tempat lain. Kalau ramai, lanjutkan,” katanya.

Gibran Diswab PCR Lagi, Demi Bisa Dampingi Kunker Jokowi ke Solo

Ia juga mengaku hingga kini masih terus belajar. Baginya kesuksesan seorang pengusaha bukan dilihat dari berapa usaha atau cabang yang dia punya.

“Saya intinya jadi pengusaha ingin berguna bagi banyak orang. Membuka lapangan kerja, menghidupi supplier,” ujar ayah satu anak itu.

Lalu, berapa pegawai dan omzet usaha Gibran saat ini?

“Ya ratusan ada (pegawai). Omzet enggak usah lah,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya