10 Pemicu Munculnya Keriput di Usia Muda

Ilustrasi wanita dengan keriput.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Banyak orang, terutama wanita muda takut munculnya keriput, karena dapat menyebabkan penuaan dini. Karena itu, banyak kaum Hawa melakukan perawatan untuk mencegah keriput atau mengurangi kerutan di wajah.

5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Wajah Cepat Keriput! Hindari Segera!

Kenyataannya, keriput muncul tidak hanya dipicu faktor usia, tapi juga gaya hidup dan beberapa kebiasaan. Berikut ini 10 pemicu munculnya keriput di usia muda, seperti dilansir dari Beauty and Tips.

Sinar matahari

Kisah Puspa Dewi Jalani Operasi Plastik di Usia 56 Tahun, Transformasinya Bikin Melongo 

Paparan sinar matahari yang berlebih bisa membuat Anda terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Itu karena sinar UV dapat menghambat produksi elastin dan kolagen yang berfungsi menjaga keindahan dan kelenturan kulit.

Diet berlebihan

Selain Perawatan, Hindari Hal Ini untuk Cegah Penuaan Dini

Menjalani diet secara berlebihan bisa menyebabkan kulit menjadi kusam dan keriput, karena sebagian nutrisi yang penting untuk tubuh menjadi berkurang.

Radikal bebas

Radikal dapat menyebabkan banyak kerusakan kulit, termasuk pemicu munculnya keriput. Radikal bebas bisa mempengaruhi kinerja kolagen dan merusak sel-sel kulit.

Alkohol

Kebanyakan minum alkohol dapat membuat kulit Anda menjadi kurang segar. Itu karena alkohol dapat membuat matabolisme vitamin A menjadi terhambat, padahal vitamin ini mengatur produksi kolagen.

Dan jika asupan vitamin A dalam tubuh berkurang, kulit menjadi kehilangan elastisitasnya.

Merokok

Merokok dalam jangka pendek dapat mempercepat proses penuaan. Itu karena nikotin yang terkadung dalam rokok dapat mempersempit pembuluh darah Anda, sehingga membuat kulit menjadi sulit ternutrisi.

Mengunyah permen karet

Jika Anda sering mengunyah permen karet bisa menimbulkan kerut di bagian mulut Anda.

Ekpresi wajah

Membuat wajah dengan tampilan yang konyol atau ekspresi wajah lainnya secara berulang akan membentuk garis permanen atau keriput di wajah. Misalnya, jika Anda terlalu sering tertawa, garis tawa akan lebih cepat terlihat.

Jenis kelamin

Apakah Anda tahu jika wanita lebih rentan terhadap keriput daripada laki-laki? Kenyataannya memang begitu, karena wanita memiliki kelenjar keringat yang lebih sedikit daripada laki-laki.

Dan bagi Anda yang memiliki kulit normal, akan memberi keuntungan di usia muda. Namun setelah dewasa dan tua, kulit akan menjadi lebih cepat keriput.

Posisi tidur

Posisi tidur juga bisa menyebabkan munculnya keriput. Misal, jika Anda hanya tidur di satu sisi dan menekan bantal sepanjang waktu dapat membuat kerutan di salah satu bagian wajah. Karena itu, disarankan untuk tidak tidur dengan posisi yang sama dalam waktu lama.

Keturunan

Faktor genetik atau keturunan juga menjadi pemicu Anda cepat mendapatkan keriput. Seperti jenis kelamin, tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk mencegahnya jika memiliki ayah atau ibu yang membawa gen ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya