Lima Produk Kecantikan yang Bisa Dibikin Sendiri

Buah tomat.
Sumber :
  • Pixabay/ Anelka

VIVA.co.id – Kebanyakan wanita melakukan berbagai macam perawatan kecantikan untuk menjaga penampilannya agar tetap menarik. Sebagian dari mereka juga rela menyisihkan uang untuk membeli produk kecantikan.

Luna Maya Dapat Kucuran Dana Hingga Milyaran Rupiah, Benarkah?

Sebenarnya, Anda memiliki cara yang lebih mudah untuk melakukan perawatan di rumah, dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa didapat di dapur rumah. Berikut ini lima produk kecantikan yang bisa dibuat di rumah, seperti dilansir dari Real Simple.  

Masker wajah

Industri Kecantikan Kinclong, Startup Ini Kebanjiran Investor

Bahan:
2 sendok makan alpukat
2 sendok teh madu
1 sendok makan susu kedelai

Cara membuat:
Campur semua bahan hingga menjadi pasta kental. Jika terlalu kental, Anda bisa menambahkan santan sesuai kebutuhan. Terapkan masker ini di wajah dan biarkan selama 5-10 menit sebelum dibilas. Masker ini dapat memberikan kelembapan untuk kulit kering.

Kisah 2 Pebisnis, Mau Bikin Skincare Lokal Sebagus Korea

Masker rambut

Bahan:
1 pisang organik
1 sendok makan madu
2 sendok makan krim kental

Cara membuat:
Haluskan semua bahan dengan blender secara menyeluruh hingga tidak ada gumpalan. Terapkan pada rambut dan biarkan sekitar 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Masker ini untuk mengatasi rambut kusam dan lelah.

Sampo

Bahan:
1 sendok makan bubuk mustard
2 sendok makan yogurt
1 kuning telur
1 sendok teh madu
1 sendok teh minyak sayur

Cara membuat:
Campur semua bahan, aduk, dan terapkan pada rambut kering. Kemudian, tutup dengan shower cap dan biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air dan sedikit cuka.

Pencerah wajah

Bahan:
1 tomat matang
2 sendok makan susu
2 sendok makan lemon, jeruk nipis, atau jus jeruk

Cara membuat:
Campur semua bahan dalam wadah dan blender sampai halus. Terapkan di kulit dengan menggunakan kapas dan biarkan selama 3-5 menit, lalu bilas dengan air hangat. Pembersih ini tidak dapat disimpan, sehingga harus digunakan setelah dibuat.

Toner antioksidan

Bahan:
3 gelas air
1 kulit buah jeruk
1,5 gelas teh rooibos atau 1,5 gelas teh hijau, putih, atau hitam

Cara membuat:
Masak kulit jeruk dalam air selama 15-30 menit. Kemudian saring airnya, buang kulitnya, lalu tempatkan dalam botol semprot dan letakkan di lemari es. Ramuan ini bisa Anda semprotkan ke wajah setiap hari dan tidak perlu bilas untuk menghidrasi kulit wajah.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya