Sensasi Khas ala Negeri Ginseng di Festival Korea 2016

Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Choi Tai Young
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rintan Puspitasari

VIVA.co.id – Bulan Oktober ditetapkan sebagai bulan Korea di mana setiap organisasi Korea yang berada di Indonesia akan mempromosikan pariwisata dan kebudayaan Korea. Yang berbeda tahun ini adalah jika biasanya organisasi-organisasi tersebut menggelar acara di waktu berbeda, tahun ini akan digelar secara bergantian selama bulan Oktober.

Tanpa Satu Personel, Highlight Tetap Bikin Fans Indonesia Histeris

Banyak agenda sudah dinantikan penggemar budaya Korea di Indonesia. Ajang ini sendiri digelar dua kali dalam satu tahun, dengan event lebih besar di Bulan Oktober.

"Korea Festival merupakan Festival promosi pariwisata yang dilakukan dua kali setahun, yaitu untuk menyambut musim semi dan panas, dan yang kedua untuk musim gugur dan dingin. Diselenggarakan oleh KTO (Korea Tourism Organization) didukung Kedubes Korea di Indonesia," jelas Ichal dari KTO dalam temu media K-Festival 2016 hari ini di Kantor Kedutaan Besar Korea Selatan di Jakarta.

Bertabur Bintang K-Pop, Konser K-Content Expo 2018 Pecah

Acara ini akan digelar di beberapa tempat berbeda, yaitu Lotte Shopping Avenue (Jakarta Selatan), Lotte Mart Kelapa Gading (Jakarta Utara), Indonesia Convention Exhibition (ICE, BSD), Kota Kasablanka (Jakarta Selatan), Galeri Fatahillah (Kota Tua, Jakarta), Senayan City (Jakarta), dan CGV cinemas di Jakarta, Bandung, Tangerang, Bekasi, Surabaya, dan Jogjakarta.

Dalam sambutannya, Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Choi Tai Young, menyampaikan bahwa tahun ini Festival Korea tidak hanya digelar di Jakarta, tapi juga sejumlah kota lain di sekitarnya, dengan tujuan untuk lebih mengenalkan budaya Korea pada masyarakat Indonesia secara lebih luas.

Donasi untuk Sulawesi di Pameran Konten Korea, Korsel Ikut Berduka

"Tanggal 30 September nanti kami akan menggelar National Day reception dan akan ada event di Bulan Oktober. Tiga hal penting dari K-Festival ini, pertama K-Festival merupakan festival yang sangat komprehensif. Kedua, event kali ini sangat beragam. Tidak hanya digelar di Jakarta, tapi juga Tangerang, Bekasi, jadi kami mengunjungi orang Indonesia untuk memperkenalkan budaya Korea pada orang di luar Jakarta. Ketiga adalah event kolaborasi dua arah, sebagai contoh akan ada fashion show perancang Indonesia dan Korea."

Berbagai kegiatan tengah dipersiapkan untuk Festival yang akan digelar mulai tanggal 30 September hingga 2 Oktober 2016 ini. Seperti K-Pop Cover Dance, K-Pop Cover Sing, mini travel mart yang menjual berbagai produk pariwisata Korea (musim gugur dan dingin), nonverbal performance 'Fire Man' dan Cooking 'NANTA' di Lotte Shopping Avenue, juga survei popularitas aktor Korean Wave.

Kemudian bagi yang tertarik mencicip hidangan laut asal Korea Selatan, pengunjung dan penggemar hidangan Korea bisa mencicip produk laut olahan. Sekitar 30 jenis produk laut olahan akan dipamerkan pada tanggal 1 hingga 2 Oktober 2016, di Lottemart, Kelapa Gading.

Beberapa produk yang bisa dicoba antara lain seperti olahan rumput laut, lembaran rumput laut, makanan ringan dalam berbagai rasa dan kemasan, ikan olahan, kerang abalone, produk laut olahan dalam bumbu pedas, ikan tuna, gurita, dan makanan siap saji dari produk laut. Semuanya dirangkai dalam bentuk stand di dalam toko Lottemart dengan berbagai aktivitas seperti food taste, serta foto dengan aksesoris bentuk binatang laut.

K-Festival akan diselenggarakan dalam dua kegiatan, yaitu K-Seafood Festival, B2B (di Mandarin Oriental Hotel) dan K-Seafood Festival 2016, tanggal 1 sampai 2 Oktober di Kelapa Gading. Sekitar 30 hingga 40 produk hidangan laut Korea akan disajikan.

"Acara ini Gratis, sebanyak mungkin orang Indonesia bisa menikmati acara ini. Come, see, enjoy Korean culture. Kalian akan melihat dua sisi event kolaborasi," kata Dubes Choi.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya