'Setan Jalanan' Obsesi Masa Kecil Pepeng Naif

komik berjudul Setan Jalanan karya Pepeng Naif
Sumber :
  • Adinda Permatasari/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Siapa sangka jika salah satu personel band Naif, Franki Indrasworo atau akrab disapa Pepeng, ternyata punya jiwa komikus. Sejak tahun 2014, dia telah mengeluarkan serial komik berjudul Setan Jalanan.

Silent Cinema, Sensasi Menonton Film dalam Sunyi

Meski baru terdengar, namun sebenarnya Setan Jalanan sudah ada dalam imajinasinya sejak lama.

"Sebenarnya Setan Jalanan sejak tahun 1987 sudah ada di otak saya," kata Pepeng saat acara Hellofest 2016 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu, 25 September 2016.

Lebih dari 500 Film Pendek Berkompetisi di HelloFest 2016

Pada waktu itu, Pepeng terinspirasi dari sebuah serial televisi Amerika berjudul Street Hawk. Dari situ, dia mulai rajin menggambar sosok jagoan berkendara motor.

"Dulu, tahun 80-an kalau ada orang ngebut di jalan pasti akan diteriaki setan jalanan. Maka keluarlah karakter itu. Setan Jalanan sudah menghantui saya sejak lama," ujar Pepeng.

Pemkot Pontianak Kasih Peringatan ke Seluruh SPBU di Kota Itu, Ada Apa?

Meski begitu, tidak mudah bagi Pepeng mewujudkan karakter Setan Jalanan menjadi sebuah cerita komik. Hingga pada tahun 2003, dia mulai mencari ilustrator untuk mewujudkan karyanya dan pada tahun 2010 karakter Setan Jalanan mulai terealisasi.

Pada tahun 2014, serial pertama Setan Jalanan mulai dipasarkan dan mendapat sambutan baik. Sekarang, Pepeng bersama timnya tengah menyiapkan serial ketiganya.

Khusus di acara Hellofest 2016, Pepeng memberikan sedikit bocoran episode terbaru Setan Jalanan. Dalam edisi ketiga ini, Pepeng menyebutkan kalau musuh-musuh baru Setan Jalanan akan bermunculan.

Setan Jalanan merupakan sosok jagoan berkostum serba hitam dan mengendarai motor. Dia sering membantu melawan kejahatan, namun dengan cara yang banyak melanggar hukum. Karena itu, sosoknya selalu menjadi incaran polisi. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya