Amankah Penggunaan Krim Malam Terus-menerus?

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pixabay/PublicDomainPictures

VIVA.co.id – Dunia kecantikan semakin banyak menawarkan produk yang dipromosikan bisa membuat penampilan wajah lebih awet muda. Salah satu produk yang sering ditawarkan adalah krim malan.

Khasiat Premium DNA Salmon Soap, Beri Manfaat Luar Biasa Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Krim malam ini seringkali diklaim dapat melembutkan dan menghaluskan kulit, menghilangkan noda-noda di wajah, dan meminimalisasi munculnya kerutan serta garis-garis halus. Krim malam juga dianggap bisa membuat kulit terasa kenyal, meratakan warna dan tekstur kulit, bahkan menetralisir dampak radikal bebas.

Menurut spesialis kulit, dr Sari Chairunnisa, SpKK menjelaskan, dalam kandungan krim malam biasanya mengandung, AHA (alpha hidroxy acid), vitamin C, dan E. Di mana kandungan tersebut merupakan bahan yang mudah rusak bila terpapar sinar matahari.

Gemes Banget, Ge Pamungkas Buka-bukaan Gemar Merawat Kulit: Muka Itu Termasuk Aset

Tidak hanya itu, umumnya krim malam juga mengandung vitamin A, serta mengandung anti aging lainnya, seperti retinol, tertinoin, koji acid, pathenol, kolagen, dan kortikosteroid. Kandungan tersebut juga dipercaya dapat melembapkan wajah dengan sempurna di saat Anda tidur.

Namun, sebagai konsumen, Sari menyatakan, para wanita khususnya, perlu selektif saat memilih produk krim malam. Harus pula diperhatikan, registrasi izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk meyakini kandungan di dalam krim malam aman.

Nita Gunawan Ngaku Gak Pakai Bedak Buat Wajah Glowing: Cuma Pakai Sabun Rp30 Ribu

"Sebetulnya kan krim malam intinya adalah pelembap yang digunakan pada malam hari. Kalau ditanya baik tidaknya dipakai setiap malam itu kembali lagi pada kebutuhan dan perhatikan pula nomor izin BPOM kalau ada berarti aman dipakai setiap malam dan batasi pemakaiannya," ujar dr Sari Chairunnisa, SpKK kepada VIVA.co.id, Senin, 26 September 2016.

Dia menambahkan bahwa krim malam yang mengandung pemutih tidak boleh terus-menerus digunakan. Bila perawatan kulit wajah telah menampakkan hasil, maka penggunaan whitening cream harus dihentikan, dan kurangi frekuensi penggunaannya, atau diganti dengan lightening cream yang efeknya lebih ringan.

Tindakan ini untuk menjaga, agar wajah tetap bersih cerah namun tidak menjadi topeng. "Jadi bisa digunakan tiga hari sekali, sementara perlindungan terhadap UV dengan sunblock harus tetap digunakan setiap hari agar kulit tidak kembali menjadi kusam."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya