Tips Pilih Tabir Surya untuk Kulit Berjerawat

Ilustrasi kulit bermasalah
Sumber :
  • Pixabay/ Kjerstin_Michaela

VIVA.co.id – Menjaga dan merawat kulit merupakan investasi jangka panjang. Kendati demikian, faktor gaya hidup yang kurang baik sering menambah sederet permasalahan pada kecantikan dan kesehatan kulit.

Hindari Kanker Kulit, Ini Pentingnya Re-Apply Sunscreen

Salah satu masalah yang hampir dialami setiap orang adalah wajah berjerawat. Meski ini tampak umum, namun menghadapi kondisi kulit berjerawat penting diperhatikan.

Ahli kecantikan di Euroskinlab, dr Angelina Helen Darmawan mengatakan, salah satu produk yang perlu diperhatikan adalah tabir surya. Dia menyarankan, tabir surya khusus orang yang mengalami masalah jerawat yang mengandung SPF 30.

Mengapa Harus Tetap Gunakan Sunscreen Meski Cuaca Mendung atau Hujan?

Dia juga menganjurkan untuk menghindari tabir surya yang mengandung pengawet dan wewangian bagi pemiliki jenis kulit alergi atau sensitif.

Ilustrasi tabir surya

Review: Complete No-Stress Physical Sunscreen Ver.3, Tangkal Polusi dan Cuaca Ekstrem

"Untuk kulit berjerawat sebaiknya terapkan SPF 30 dan cari tabir surya yang sifatnya noncomedogenic dan nontinted supaya tidak memblok pori-pori pada wajah," kata dia kepada VIVA.co.id, Selasa, 11 Oktober 2016.

Selain itu, Angelina menambahkan, untuk menghindari tabir surya berbahan PABA, oksibenzon, dan salisilat. Jika kulit Anda berjerawat, sebaiknya hindari tabir surya jenis krim dan berminyak karena bisa memperburuk kondisi jerawat.

"Sebaiknya pilih tabir surya berbentuk gel, sehingga bisa membuat jerawat cepat kering dan kecil kemungkinan memperburuk jerawat," ujarnya menambahkan.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya